info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Filosofi dan Makna Logo

Home >Halaman >Filosofi dan Makna Logo

Logo UIN KHAS Jember menggunakan desain yang simple, namun memiliki makna yang dalam. Logo dibuat dengan tebal dan kokoh, serta desain yang tidak rumit membuat logo UIN KHAS Jember ini mudah diingat, mudah diaplikasikan ke berbagai media, serta mempunyai keunikan sendiri yang membuat logo UIN KHAS Jember berbeda dengan logo UIN yang lain.

1. Al-Qur’an 

 

Salah satu dasar yang digunakan adalah Kitab suci Al-Qur’an sebagai sumber dari segala hukum Islam yang harus dijaga dan dipelihara kemurnian ajarannya serta sebagai iman. Al-Qur’an juga juga menjadi titik pusat yang menjiwai segala macam disiplin ilmu, sebagai petunjuk untuk berjalan di jalan yang benar, baik lahir maupun batin. Sehingga manusia bukan hanya menjadi insan yang cerdas, tapi juga beriman agar dapat menjadi harapan dan tombak peradaban dalam mewujudkan perubahan yang lebih baik. Sementara warna hijau melambangkan kesegaran, pertumbuhan, harapan, kelahiran, kesuburan, dan kemakmuran.

2. Sayap

Sayap melambangkan kekuatan, kesanggupan serta dinamika, kemauan untuk terus berkembang dan terbang ke atas. Lambang sayap ini juga menyimbolkan pendirian yang merupakan dasar kekuatan dan kokoh.

Terdapat enam helai sayap yang melambangkan rukun iman sebagai pilar kepercayaan dan pedoman hidup dalam Islam sehingga tercipta insan yang bertakwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab.

3. Sumber Mata Air

Memiliki simbol kesahajaan, keindahan, kejernihan dan konsisten. Air akan terus mengalir tidak peduli rintangan apa selanjutnya dan tetap mengikuti alur yang ada. Hal ini memiliki makna untuk insan-insan UIN KHAS Jember agar pantang menyerah, luwes, fleksibel dan mampu menyesuaikan diri dalam setiap keadaan. Sehingga setiap hal yang dilalui bisa menjadi contoh yang baik dan bermanfaat bagi orang lain, bangsa dan negara.

4. Empat Sisi Berbentuk Persegi

Melambangkan empat warisan pesan Kiai Haji Achmad Siddiq. Pertama, sholat berjamaah. Kedua, membaca Al-Qur’an. Ketiga, membaca sholawat. Keempat, jangan berbuat dholim

5. Bintang dengan Lima Titik

Melambangkan lima dasar Pancasila, pilar ideologis negara Indonesia. Sebagai sumber nilai dan moral, sumber dari segala sumber hukum, pedoman dalam menyelenggarakan negara, petunjuk dalam mewujudkan cita-ciita luhur dan wujud toleransi.

Warna kuning emas melambangkan kejayaan, kehormatan, kemenangan dan kemakmuran, kemewahan, kecerdasan dan kesuksesan berwujud dalam ilmu. Sehingga UIN KHAS Jember dapat menjadi insan yang unggul dan berprestasi, serta tetap berdasarkan pada ketaqwaan agama, berbudi pekerti luhur, berilmu tinggi dan kerendahan hati menuju puncak keemasan yang gemilang.

Berita Terbaru

Studi Wawasan PPK BLU; UIN KHAS Jember ke UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
05 Dec 2022By humas
Studi Wawasan PPK BLU; UIN KHAS Jember ke UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung
05 Dec 2022By humas
Mahasiswa UIN KHAS Jember Berorasi Peringati Hari Disabilitas Internasional
03 Dec 2022By humas

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;