info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Wilda Pelantun Ayat Suci Al-Qur'an Kegiatan Wisuda UIN KHAS Jember, Ternyata Sering Mendapat Prestas

Home >Berita >Wilda Pelantun Ayat Suci Al-Qur'an Kegiatan Wisuda UIN KHAS Jember, Ternyata Sering Mendapat Prestas
Diposting : Minggu, 10 Sep 2023, 20:21:01 | Dilihat : 448 kali
Wilda Pelantun Ayat Suci Al-Qur'an Kegiatan Wisuda UIN KHAS Jember, Ternyata Sering Mendapat Prestas


Humas - Memiliki nama lengkap Wilda Fajriyatus Sa'adah Zain, mahasiswi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq UIN KHAS Jember cukup dikenal dengan suara merdunya dalam melantunkan ayat-ayat suci Al Qur'an atau Qoriah.

Tidak heran jika dia acap tampil di event-event penting kampus. Terbaru, perempuan asal kelahiran Jember itu kembali tampil membacakan QS. Al Mujadalah Ayat 11 dan QS Ibrahim Ayat 7 pada kegiatan Sidang Senat Terbuka Wisuda UIN KHAS Jember di New Sari Utama Convention Hall. Sabtu, 9 September 2023, kemarin.

Bukan tanpa alasan dirinya diundang di acara pengukuhan kelulusan ribuan mahasiswa kemarin, Wilda yang sejak lahir tinggal di Jl. Manyar, Kelurahan Slawu, Kecamatan Patrang Kabupaten Jember itu ternyata memiliki segudang prestasi.

Seperti saat dikonfirmasi Jurnalis Humas, Wilda menyebut, dirinya baru saja didapuk sebagai Juara 1 pada ajang Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) di Surabaya tepat pertengahan bulan Agustus lalu.

Selain prestasi itu, dia mengaku tidak hafal untuk memperinci satu persatu. Tidak diduga, Wilda yang saat masih duduk di bangku sekolah, ternyata juga pemenang lomba MTQ Nasional yang diselenggarakan UIN KHAS Jember tahun lalu.

"Bulan kemarin (Agustus), Juara 1 di UINSA Surabaya tingkat Jawa Madura," ungkap Wilda

Wajar, jika ia yang saat ini tengah menempuh semester tiga prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) itu kerap membuat pendengar dan penontonnya terkagum-kagum. Bukan karena parasnya yang cantik, tetapi karena suara emasnya yang kerap membuat bulu kuduk berdiri melalu bacaan- bacaan yang bertajwid yang diperindah oleh irama lagu.

"Saya merasa dibawa terbang tinggi mendengarnya, merdu sekali membuat hati saya terasa tenang," ungkap Nurul Yaqin, mahasiswa asal Madura itu mengaku usai menyaksikan YouTube siaran langsung kegiatan wisuda.

Lebih lanjut Wilda mengaku, mulai menekuni seni Tilawah sejak masih kecil. Seperti anak-anak pada umumnya, putri dari pasangan Zainal Arifin dan Wiwin Tri Handayani itu belajar ngaji di musholla didekat rumahnya.

Hampir setiap hari ditengah perjalanan menuju Musholla itu, Wilda mengobati rasa malas dan penatnya dengan bernyanyi. Setelah menyadari bakatanya sendiri, ia mencoba mengarahkan bakat tersebut pada bacaan ayat suci Alquran yang biasa dipelajari. "Seperti pelafalan huruf atau makhorijul huruf, menggunakan nada-nada karangan sendiri," imbuh Wilda menceritakan.

Setelah diketahui oleh Guru ngajinya, Ustadz Syukri, Wilda mulai mendapat dukungan semangat. Sampai dia lulus sekolah menengah pertama, Wilda kemudian melanjutkan ke Madrasah Aliyah Negeri (MAN 1) Program Kegamangan.

Meski sibuk sekolah, Wilda tetap rajin dan bersemangat mendalami Seni Tilawah. Tidak hanya belajar otodidak, bahkan sampai mencari guru les private atau program khusus.

"Saya bersyukur kepada Allah atas bekal kemampuan ini, dan berterimakasih juga kepada kedua orang tua, dan guru ngaji saya," tuturnya.

Wilda merupakan penerima bantuan pendidikan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIPK) di UIN KHAS Jember. Saat ini, dirinya bercita-cita menjadi Qoriah Internasional.

Harapannya, kata Wilda, suara emasnya membawa manfaat bagi banyak orang, khususnya bagi umat Islam di berbagai penjuru dunia.

 

Penulis: Wiji Tiwi

Editor: Dahlan Nur Busri

;