info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

UIN KHAS Jember: Gelar Doa Bersama Awali Proses Unggah Borang Akreditasi Perguruan Tinggi

Home >Berita >UIN KHAS Jember: Gelar Doa Bersama Awali Proses Unggah Borang Akreditasi Perguruan Tinggi
Diposting : Senin, 22 Apr 2024, 11:49:02 | Dilihat : 562 kali
UIN KHAS Jember: Gelar Doa Bersama Awali Proses Unggah Borang Akreditasi Perguruan Tinggi


Humas - Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menandai langkah penting dalam perjalanan akademik dengan menggelar acara istighosah bersama di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu (LPM). Jumat, 19 April 2024, kemarin.

Acara ini diselenggarakan oleh Team Task Force APT Unggul Lembaga Pengembangan Mutu UIN KHAS Jember sebagai upaya pasrah dan pengharapan atas kesuksesan proses akreditasi perguruan tinggi.

Sebelumnya, pada 1 April 2024, UIN KHAS Jember telah melalui tahapan penting dengan mengadakan reviu borang Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) bersama segenap Tim Asesor. Setelah berikhtiar melengkapi pemberkasan, tim gugus tugas APT UIN KHAS kemudian memilih berdoa bersama seraya memohon kepada Allah SWT agar proses pengunggahan atau upload ‘Borang APT’ diberikan kelancaran dan kesuksesan mencapai predikat kampus unggul.

Borang APT sendiri merupakan formulir atau dokumen yang digunakan oleh lembaga akreditasi untuk menilai dan mengevaluasi kualitas sebuah perguruan tinggi. Borang ini mencakup berbagai aspek, termasuk kurikulum, tenaga pengajar, fasilitas, manajemen, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Biasanya, borang APT berisi pertanyaan dan indikator kinerja yang harus dijawab atau dipenuhi oleh perguruan tinggi yang sedang menjalani proses akreditasi.

Ketua LPM UIN KHAS Jember, Dr. Mursalim optimis, bahwa perjuangan tim APT dan pertolongan Allah SWT akan membawa kampus ini meraih predikat unggul.

Sementara itu, Rektor UIN KHAS Jember, Profesor Hepni menilai, giat istighosah sebelum mengirim berkas borang APT itu merupakan keputusan yang tepat. Menurutnya, ikhtiar seorang hamba tidak cukup sekedar lahiriah belaka, melainkan butuh keseimbangan batiniah dengan cara tawakal kepada Allah melalui doa-doa.

Selain mengapresiasi, rektor menguraikan empat referensi klasik agar setiap permohonan manusia lebih mudah dikabulkan, atau yang dirinya sebut sebagai rumus kesaktian dalam berdoa. Yaitu, tempat yang sakral, waktu yang mustajab, berdoa bersama, dan terakhir doa yang dibaca tetulis di dalam kita suci Al Quran.

Dengan semangat yang berkobar dan doa yang dipanjatkan bersama, UIN KHAS Jember selanjutnya telah bersiap menghadapi tahapan unggah borang APT sebagai bagian dari proses akreditasi.  

Rektor atau pria yang dikenal sebagai penceramah itu yakin akan meraih keberhasilan dan keunggulan sebagaimana diharapkan. “Semoga doa bersama ini menjadi landasan kuat menuju masa depan yang gemilang bagi UIN KHAS Jember,” pungkas Profesor Hepni seraya berdoa.

 

Pewarta: Shirley Yusfi

Editor: Dahlan Nur Busri

;