info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Studi Kampus, UIN KHAS Jember Kembali Jadi Kampus yang Diminati Siswa SMA SMK

Home >Berita >Studi Kampus, UIN KHAS Jember Kembali Jadi Kampus yang Diminati Siswa SMA SMK
Diposting : Jumat, 09 Feb 2024, 23:50:50 | Dilihat : 174 kali
Studi Kampus, UIN KHAS Jember Kembali Jadi Kampus yang Diminati Siswa SMA SMK


Humas - Menjelang tahun ajaran baru, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember kembali menerima kunjungan dari siswa-siswi sekolah menengah atas. Pada Rabu, 7 Februari 2024 sebanyak 220 siswa-siswi kelas 10 berkunjung ke UIN KHAS Jember. 

Kepala SMAN 1 Tanggul, Muhammad Luthfi Helmi dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang tak terhingga karena telah diterima kehadirannya beserta rombongan di kampus Islam Negeri di Jember ini.

Dalam kesempatan itu pula, ia menginformasikan bahwasannya beberapa alumni SMAN 1 Tanggul juga berkuliah di UIN KHAS Jember. 

"Tahun 2023, tidak kurang dari 15 siswa kami yang menjadi mahasiswa UIN KHAS Jember, meskipun tahun kemarin tergolong kecil skalanya. Insyaallah dengan adanya studi kampus ini dapat menambah lebih banyak siswa yang bergabung menjadi keluarga besar UIN KHAS Jember," tukasnya. 

Ia berharap dari kunjungan ini mampu memberikan inspirasi dan motivasi bagi para siswa dalam mengejar cita-cita akademik mereka. Selain itu, dari kegiatan ini diharapkan mampu memberikan kiat-kiat kepada siswa-siswi agar bisa melanjutkan pendidikan di UIN KHAS Jember.

Sementara itu, Rektor UIN KHAS Jember yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor 1, Khusna Amal menyampaikan bahwa pihak kampus menyambut dengan hangat kedatangan rombongan dan mengapresiasi atas antusiasme para siswa-siswi meskipun jarak yang mereka tempuh terbilang cukup jauh.

Wakil Rektor I, juga mengatakan bahwa UIN KHAS Jember ini merupakan satu-satunya Universitas Islam Negeri di kota Jember yang dalam perkembangannya masih terus berbenah, terus meningkatkan kompetisi dan pendidikannya. Saat ini UIN KHAS Jember memiliki 5 fakultas dan tidak menutup kemungkinan akan bertambah beberapa program studi baru. 

"Dengan peralihan dari institut ke universitas, kami masih memiliki 5 fakultas. Rencananya, ada beberapa prodi baru yang kami ajukan, seperti bidang kesehatan, Aktuaria serta Saintek," ujar Amal yang merupakan salah guru besar UIN KHAS Jember.

Ditinjau dari kualitas SDM (Sumber Daya Manusia), UIN KHAS Jember merupakan lembaga yang memiliki SDM yang kompetitif di samping tenaga pendidik dan kependidikan. Hal itu dibuktikan dengan beberapa dosen yang berasal dari universitas terkenal serta beberapa yang masih melanjutkan studinya di luar negeri. 

Oleh karena itu, kepastian dari SDM yang dimiliki tersebut diharapkan mampu mengantarkan calon generasi pemimpin bangsa yang siap mengisi berbagai macam sektor di masa mendatang. 

Selain memiliki SDM yang kompetitif, UIN KHAS Jember juga menjadi destinasi pilihan. Karena, tidak hanya para siswa yang berasal dari madrasah yang dapat tergabung tetapi sekolah menengah atas dan kejuruanpun bisa menjadi mahasiswa UIN KHAS Jember. 

"Sebanyak 15-25% mahasiswa kami berasal dari SMA/SMK. Beberapa di antara mereka berhasil menjadi mahasiswa berprestasi," ungkapnya. 

Ia menjelaskan bahwa para mahasiswa yang berprestasi tersebut tidak menutup kemungkinan, darimanapun mereka berasal tidak ada profesi yang benar-benar linear. 

Selain itu, soft skill menjadi penunjang utama yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa agar dapat mempersiapkan diri mereka selepas menyelesaikan studinya. 

Rombongan SMAN 1 Tanggul ini diterima langsung oleh jajaran pimpinan, mulai dari para Wakil Rektor, para Dekan, para Wakil Dekan, dan Direktur International Office.

Penulis: Wiji Dwistya Pratiwi
Editor: Munirotun Naimah

Berita Terbaru

Launching PMB UIN KHAS Jember, Libatkan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah hingga Pondok Pesantren
20 Feb 2024By humas
Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2024, Panitia Gandeng Pesantren dan Madrasah se Indonesia
17 Feb 2024By humas
182 Mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Ikuti Yudisium ke-25
17 Feb 2024By humas

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;