Sepekan, SPI UIN KHAS Jember Gelar Monitoring dan Evaluasi Internal

Humas - Satuan Pengawas Internal (SPI) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember dalam sepekan ini melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala ke sejumlah unit dan lembaga.
Kegiatan itu dalam rangka mengonfirmasi progres pelaksanaan kinerja internal, khususnya dalam hal pengendalian dan penyerapan anggaran pada tri semester pertama tahun 2023.
"Ini tugas pokok dan fungsi SPI sebagai pengawas," terang Dr. Retna Anggita Ningsih, Kepala SPI UIN KHAS Jember saat diwawancarai Jurnalis Humas di Kantor Bagian Umum. Kamis, 27 Juli 2023.
Pelaksanaan monitoring dan evaluasi merupakan upaya SPI untuk mencapai keamanan, kenyamanan, dan ketertiban dalam pelaporan internal. Tak terkecuali, untuk mengetahui indikator pencapaian yang bersesuaian antara perencanaan dengan realisasi anggaran.
"Untuk ketertiban dan kesesuaian pelaporan," jelas Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, atau akrab dipanggil Dr. Retna itu.
Lebih lanjut, audit yang dilakukan Dr. Retna, bersama timnya itu sekaligus menjadi alarm dalam meningkatkan disiplin pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pada masing-masing unit dan lembaga.
Dia berharap, SPI menjadi garda terdepan dalam menerapkan fungsi pengawasan di level internal. Agar sewaktu-waktu dilakukan audit oleh pemerintah pusat, tidak menghasilkan temuan-temuan pelanggaran akibat dari keteledoran.
"Jadi kalau ada audit eksternal, kita sudah siap," tutupnya.
Sebagai informasi, siang tadi SPI melakukan monitoring dan evaluasi di dua tempat, yakni Unit Pengembangan Karir (UPK), dan Unit Kegiatan Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ). Sementara besok, Jum'at, 28 Juli, SPI menjadwalkan akan mendatangi unit Pengembangan Pusat Bisnis untuk melangsungkan kegiatan yang sama.
Ruang lingkup pelaksanaan monitoring dan evaluasi yang dilakukan SPI, meliputi sumber daya manusia, keuangan, dan barang milik negara atau aset.