info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Rektor UIN KHAS Jember Jadi Peserta Master Training Moderasi Beragama di Lampung

Home >Berita >Rektor UIN KHAS Jember Jadi Peserta Master Training Moderasi Beragama di Lampung
Diposting : Minggu, 10 Mar 2024, 07:58:50 | Dilihat : 1886 kali
Rektor UIN KHAS Jember Jadi Peserta Master Training Moderasi Beragama di Lampung


Humas - Rektor Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, Profesor Hepni, menjadi peserta Master of Training Penguatan Moderasi Beragama (MoT PMB) yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung bekerja sama dengan Pusdiklat Tenaga Administrasi Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama.

Kegiatan ini berlangsung di Sheraton Lampung Hotel, Bandar Lampung. Mulai hari Senin, 4-8 Maret 2024.

Keikutsertaan Rektor Hepni bersama sejumlah rektor Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se Indonesia itu, menunjukkan bahwa sikap moderasi beragama di lingkungan perguruan tinggi sangat penting. 

Kata pria yang akrab dipanggil Prof. Hepni itu berpesan, moderasi beragama harus dipahami sebagai sikap beragama yang seimbang antara pengalaman agama sendiri (eksklusif), dan praktik penghormatan kepada orang lain yang memiliki keyakinan berbeda (inklusif). 

"Keseimbangan atau jalan tengah dalam beragama, niscaya akan menghindarkan kita dari perilaku ekstrem (fanatik dan berlebihan) dalam beragama,” ujar Hepni.

Sebagai informasi, penyelenggaraan MoT PMB khusus bagi pejabat pimpinan tinggi ini, persisnya diikuti oleh 25 Rektor PTKN se-Indonesia yang nantinya akan menjadi tonggak keberlangsungan moderasi beragama di kampus masing-masing.

Program ini sejalan dengan amanat Peraturan Presiden Nomor 58 Tahun 2023 tentang Penguatan Moderasi Beragama. Perundangan ini mengamanatkan penyelenggaraan Penguatan Moderasi Beragama secara terencana, sistematis, koordinatif, kolaboratif, dan berkelanjutan.

Menariknya, MoT PMB yang berlangsung di kota Tapis Berseri ini, dimeriahkan oleh Pagelaran 'Nusantara Nengah Nyappur dalam Harmoni Moderasi' saat pembukaan. Pagelaran ini menggambarkan indahnya toleransi dalam keberagaman di Provinsi Lampung, Sang Bumi Ruwa Jurai.

 

Kontributor/Pewarta: Suryadi
Editor: Dahlan Nur Busri

;