info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

LPM UIN KHAS Jember Gelar RTM 2023, Targetkan Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul

Home >Berita >LPM UIN KHAS Jember Gelar RTM 2023, Targetkan Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul
Diposting : Rabu, 15 Nov 2023, 12:08:02 | Dilihat : 1228 kali
LPM UIN KHAS Jember Gelar RTM 2023, Targetkan Akreditasi Perguruan Tinggi Unggul


Humas -- Hasil program Audit Mutu Internal (AMI) yang dilakukan oleh Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember ditindaklanjuti dengan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM), 15 – 16 November 2023.

Kegiatan yang diadakan di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) UIN KHAS Jember dihadiri oleh Rektor Prof. Hepni, Wakil Rektor I Prof. M. Khusna Amal, Wakil Rektor II Dr. Ainur Rafik, Wakil Rektor III Dr. Khoirul Faizin, Kabiro AUPK Dr. Nawawi, Ketua LPM Dr. Mursalim, dan diikuti jajaran pejabat di lingkungan UIN KHAS Jember.

Ketua LPM UIN KHAS Jember Dr. Mursalim dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud dari salah satu siklus Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Atau siklus penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian dan peningkatan.

“RTM ini merupakan siklus pengendalian, setelah sebelumnya kita sudah melakukan penetapan, pelaksanaan dan evaluasi. Selanjutnya, hasil dari RTM ini akan kita jadikan bahan peningkatan mutu.” terangnya.

Keterangan: Ketua LPM UIN KHAS Jember Dr. Mursalim

Pelaksanaan kegiatan ini wajib dilakukan tiap tahun sebagaimana diamanatkan di dalam UU No.12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, perguruan tinggi wajib mengimplementasikan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan dan menjamin pemenuhan atau pelampauan Standard Nasional Pendidikan tinggi.

“Apabila tidak dilakukan (SPMI), maka perguruan tinggi dianggap tidak mampu melaksanakan amanat regulasi” sambungnya.

Bahan yang digunakan dalam RTM dihimpun dari hasil audit yang dilakukan LPM UIN KHAS Jember pada 25 – 29 September 2023 lalu, dengan melibatkan 30 auditor internal. Sedangkan auditee terdiri dari prodi, fakultas, unit dan lembaga yang ada di UIN KHAS Jember.

Sementara itu, Rektor UIN KHAS Jember Prof. Hepni dalam sambutannya berharap dengan kegiatan ini cita-cita lembaga untuk mewujudkan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) unggul segera terwujud.

“Melalui forum ini, semua temuan agar ditindaklanjuti secara tuntas” harapnya.

Keterangan: Rektor UIN KHAS Jember Prof. Hepni 

Beliau berpesan, dalam rangka mewujudkan APT unggul perlu adanya beberapa tindakan konkrit, yang ia singkat menjadi SMART.

Huruf SMART yang pertama merupakan Sinergy, sebagai pimpinan harus memberikan contoh bukan janji kepada yang dipimpin. Kedua, Meaningfull atau kebermaknaan, yang mana setiap melakukan pekerjaan harus didasari rasa senang, niscaya apapun itu akan terasa ringan dilakukan. Adaptation, beradaptasi dengan lingkungan dan teknologi. Responsibility, bahwa lembaga unggul merupakan tanggung jawab kita bersama. Dan terakhir, treasure, hasilnya harus memiliki nilai atau value.

“Semoga apa yang kita lakukan ini menjadi prestasi positif bagi agama dan kemanusiaan” tutupnya sembari berdoa.

 

Penulis: Cahya Fikri Mohammad

Editor: Moh. Nor Afandi

;