info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Launching PMB UIN KHAS Jember, Libatkan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah hingga Pondok Pesantren

Home >Berita >Launching PMB UIN KHAS Jember, Libatkan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah hingga Pondok Pesantren
Diposting : Selasa, 20 Feb 2024, 20:23:26 | Dilihat : 428 kali
Launching PMB UIN KHAS Jember, Libatkan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah hingga Pondok Pesantren


Humas - Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember menggelar acara Launching Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pada Senin, 19 Februari 2024. 

Launching PMB ini merupakan salah satu bentuk penegasan pada suatu hal yang penting dan strategis. Ini merupakan awal dari perjalanan yang Smart, sebagaimana tema acara launching tersebut, ‘Start to be Smart’ atau permulaan untuk menjadi Smart. Oleh karena itu, acara tersebut menjadi momentum penting dalam pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB). 

Menyoroti ajakan Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Ahmad Zainul Hamdi, agar mengikutsertakan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah dan Pondok Pesantren dalam menyukseskan pelaksanaan SPAN-UMPTKIN. Terpantau, acara ini menghadirkan sejumlah kepala pendidikan madrasah dan pesantren se-Jawa Timur. 

Muhammad Khoirul Anam, perwakilan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Jember, mengapresiasi acara PMB ini. Menurutnya, acara PMB tahun ini berbeda, jauh lebih bagus dari sebelumnya. 

“Saya beri jempol dua untuk pelaksanaan PMB tahun ini, berbeda dari sebelumnya, tahun ini jauh lebih wah"

Dalam sambutannya, Khusna Amal, Wakil Rektor 1 UIN KHAS Jember, menyampaikan selayang pandang tentang PMB, teknis, pelaksanaan, serta ajakan kepada segenap tamu undangan untuk mendorong peserta didiknya bergabung di UIN KHAS, lantas Ia membeberkan berbagai keunggulan UIN KHAS Jember. 

Ia juga mengatakan, dalam rangka mewujudkan integrasi pendidikan, UIN KHAS Jember, tengah merintis Program Studi (Prodi) baru, di antaranya ialah di Aktuaria, Kesehatan Masyarakat, Sains dan Teknologi.

“Diprediksikan tahun 2025 akan kami buka Prodi baru ini, dengan demikian kita bisa memastikan akses yang lebih luas pada segenap calon siswa SLTA"

Tak hanya itu, Kepala Kanwil Kementerian Agama RI Provinsi Jawa Timur, turut memberikan testimoni keunggulan UIN KHAS Jember. Ia menegaskan, bahwa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember merupakan Universitas unggul yang ditandai dengan Penerimaan Mahasiswa Baru yang setiap tahunnya meningkat.

“UIN KHAS Jember mempunyai banyak kelebihan, bukan hanya kuantitas tapi jangkauan biaya yang disampaikan warek  1 tadi sangat gamblang, dan itu kebanggaan kita semuanya. Terbukti UIN KHAS Jember dalam setiap tahunnya menerima mahasiswa baru yang terlampaui banyak," ungkapnya.

Hadir juga, Wakil Rektor II, dan III, jajaran pejabat fakultas dan universitas, Kepala KanKemenag se-Tapal Kuda, serta para kepala sekolah dan dewan guru perwakilan dari berbagai sekolah yang ada di kabupaten dan kota se-Jawa Timur ini seperti Banyuwangi, Bondowoso, Lumajang, Jember, Pasuruan, Probolinggo 

Sebagai informasi, pada acara Launching Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) ini, UIN KHAS Jember juga memberikan apresiasi dan penghargaan kepada lima Madrasah yang siswanya terbanyak diterima dan mendaftar ulang di UIN KHAS Jember. Kelima Madrasah tersebut yakni, MAN 2 Jember, MAN 2 Banyuwangi, MAN Bondowoso, MAN Lumajang, dan MAN 3 Banyuwangi. Selain itu, UIN KHAS Jember juga memberikan penghargaan kepada Kepala Kementerian Agama Wilayah sekolah tersebut. 

Untuk informasi tentang jalur pendaftaran dan pelaksanaan Penerimaan Mahasiswa Baru, selengkapnya bisa akses di link berikut https://pmb.uinkhas.ac.id.

Penulis: Shirly Yusfi
Editor: Munirotun Naimah

;