info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Orientasi PPPK, Kepala Biro AUPK UIN KHAS Jember Ulangi Pesan Gus Men

Home >Berita >Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Orientasi PPPK, Kepala Biro AUPK UIN KHAS Jember Ulangi Pesan Gus Men
Diposting : Selasa, 05 Mar 2024, 12:16:43 | Dilihat : 1455 kali
Jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Orientasi PPPK, Kepala Biro AUPK UIN KHAS Jember Ulangi Pesan Gus Men


Humas - Sebanyak 40 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) menjadi peserta latihan dasar (Latsar) yang digawangi Balai Diklat Keagamaan Jawa Timur. Kegiatan ini berlangsung di GKT Lantai 2, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember. Selasa, 5 Maret 2024.

Para peserta tersebut terdiri dari Dosen dan Tenaga Kependidikan di lingkungan UIN KHAS Jember, yang lulus pada seleksi PPPK tahun 2022 lalu. Pada tahun yang sama, totalnya berjumlah 59 pegawai.

Ketua Tim SDMA dan Kepegawaian UIN KHAS Jember, Ali Maghfur menyebutkan, seluruh PPPK Satker UIN KHAS Jember pada angkatan tersebut, telah selesai dan sebagian lainnya terdaftar sebagai peserta program Latsar. Sebanyak 40 pegawai mengikuti Latsar di UIN KHAS Jember, 18 pegawai di Balai Diklat Keagamaan Jawa Timur di Surabaya, dan sisanya di IAIN Madura.

Kata Pria yang akrab dipanggil Ali itu menambahkan, pelaksanaan Latsar kali ini merupakan kelanjutan dari serangkaian opening orientasi yang dibuka serentak oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas di Jakarta. Jumat, 24 Januari 2024, lalu.

Pada saat itu, Gus Men menyebut, bahwa Pegawai PPPK sekaligus Aparatur Sipil Negara harus menyiapkan dan menguatkan mental sebagai pelayan bagi umat. "Perkuat mental melayani, bukan dilayani," ucap Gus Yaqut atau Gus Men kala itu.

Pesan Gus Men tersebut, juga dikutip Kepala Biro AUPK UIN KHAS Jember, Nawawi, saat menjadi narasumber pada kegiatan Latsar tadi. Dia menekankan, bahwa karakter ASN harus menjadi nafas pengabdian.

Karakter ASN dimaksud yaitu, nilai dasar ASN BerAKHLAK, atau akronim dari Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Di samping, pria asal kelahiran Pamekasan itu mengonfirmasi, kehadirannya sebagai narasumber juga mengulas dan mensosialisadikan undang-undang tentang ASN nomor 20 Tahun 2023, Budaya Kerja Kementerian Agama, kewajiban ASN, dan Moderasi Beragama.

Sebagai informasi, pelaksanaan orientasi PPPK, terbagi menjadi beberapa kloter. Untuk wilayah Jawa Timur, termasuk Latsar Orientasi PPPK yang digelar di UIN KHAS Jember ini merupakan kloter yang ke 12. Pelaksanaannya akan berlangsung sampai pada hari Jumat, 8 Maret 2024 nanti.

 

Pewarta: Dahlan Nur Busri

Editor: Munirotun Naimah

;