info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Hadiri Raker Pascasarjana, Rektor UIN KHAS Jember Minta Dosen Pakar Turut Perkuat Jaringan Internasional Melalui Riset dan Kolaborasi Penguji

Home >Berita >Hadiri Raker Pascasarjana, Rektor UIN KHAS Jember Minta Dosen Pakar Turut Perkuat Jaringan Internasional Melalui Riset dan Kolaborasi Penguji
Diposting : Kamis, 30 Nov 2023, 11:04:40 | Dilihat : 477 kali
Hadiri Raker Pascasarjana, Rektor UIN KHAS Jember Minta Dosen Pakar Turut Perkuat Jaringan Internasional Melalui Riset dan Kolaborasi Penguji


Humas – Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember harus menjadi kekuatan strategi dalam membangun jaringan kerjasama internasional, dalam rangka meningkatkan kualitas akademik kampus melalui kolaborasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan kampus di luar negeri.

Hal itu disampaikan Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Hepni saat memberikan pengarahan Rapat Kerja (Raker) Pascasarjana UIN KHAS Jember di Spencer Green Hotel Batu, Rabu, 29 November 2023

Lanjut Prof. Hepni, ke depan, kerjasama internasional tidak cukup di kawasan asia seperti Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam, dan lainnya yang sudah terjalin kerjasama. Melainkan mengambil langkah strategis lain dengan mengimplementasikan kerjasama kampus mancanegara.

 “Tentu saja, tidak hanya di kawasan Asia Tenggara, seperti Malaysia, Thailand. Tetapi  kerjasama itu harus terus dikembangkan, misalnya dengan  Belanda, Jerman, Australia, Maroko, dan sebagainya. Pascasarjana harus melakukan langkah ini,” tegasnya.

Lebih lanjut, kata Prof Hepni saat Raker Pascasarjana bertema “Inovasi Layanan Administrasi dalam Rangka Akreditasi Unggul Pascasarjana UIN KHAS Jember pada Era Digital” itu, kerjasama dengan kampus mancanegara, melalui berbagai kegiatan akademik yang berkelanjutan.

Misalnya,  kolaborasi penguji pada Program Studi Doktor Pascasarjana UIN KHAS Jember dengan profesor luar negeri dalam ujian terbuka, seperti yang akan dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Khusna Amal bersama Dekan Fakultas Syariah nanti.

Keduanya, diketahui akan melakukan riset kolaboratif di Prancis, dan akan berangkat pada pekan pertama bulan depan.

“Berbagai kampus UIN sudah melakukan itu. Nah, kita juga bisa melakukan terobosan itu, dengan menghadirkan penguji sidang promosi doktor dari luar negeri. Salah satunya, dalam waktu dekat ini sekitar 10 hari, Warek I UIN KHAS Prof M Khusna Amal dan Dekan Fakultas Syariah Dr Wildani  juga akan melakukan riset kolaboratif di Perancis,” imbuhnya.

Meski begitu, lanjut Prof Hepni, jalinan kerjasama  nasional juga perlu diperkuat. Sebagai contoh, Pascasarjana UIN KHAS Jember bisa meniru kampus UIN lainnya, seperti UINSA Surabaya dan UIN SUKA Yogyakarta. 

Untuk diketahui, dalam waktu dekat, UIN KHAS Jember akan menggelar kegiatan yang menghadirkan Rektor PTKIN Se-Jawa Timur, Bupati se-Tapal Kuda, dan Kepala Kantor Kemenag di Jawa Timur.

Kegiatan tersebut, imbuh Prof. Hepni, akan menjadi momentum sinergi dan kolaborasi untuk kepentingan riset. Hal itu akan memperkuat performa akademis di kampus UIN KHAS Jember.

“Riset kolaboratif dengan Pemkab, Kemenag, dan stakeholder lainnya  menjadi kesempatan Pascasarjana untuk membangun kerjasama. MIsalnya, pembuatan naskah akademik untuk penguatan madrasah. Sehingga, pascasarjana akan memiliki pakar-pakar seperti para guru besar yang akan mendampingi dalam membuat naskah akademiknya,” tutupnya.

Sementara itu, Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Prof. Dr. Moch. Chotib menegaskan, pihaknya berkomitmen untuk mendukung berbagai upaya perluasan jaringan kerjasama internasional dan nasional.

Pria yang akrab dipanggil Prof. Chotib itu menambahkan, dukungan tersebut sesuai dengan  sumberdaya yang dimiliki, yakni 11 program studi, baik S2 dan S3 serta didukung para guru besar dan pakar di Pascasarjana.

Dia berharap, potensi SDM tersebut dapat diwujudkan bersama-sama, “Raker Pascasarjana ini dalam rangka memperkuat komitmen untuk meningkatkan performa akademik di Pascasarjana UIN KHAS Jember,” ungkapnya.

Tidak jauh berbeda Prof. Chotib, Kepala Biro AUPK UIN KHAS Jember Dr. H. Nawawi mengatakan, kolaborasi kentara memperkuat jaringan kerjasama secara nasional dan internasional. Ikhwal, menjadi komitmen bersama sivitas akademika UIN KHAS Jember.

Dr. Nawawi mencontohkan,  terobosan peningkatan akademik bisa dilakukan dengan bekerjasam dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama di Jawa Timur. Peluangnya, sebanyak 38 Kepala Kankemenag akan melanjutkan studi program doktoralnya di Pascasarjana UIN KHAS Jember. “Ini peluang yang sangat baik bagi Pascasarjana,” pungkasnya. 

Untuk diketahui, Raker Pascasarjana ini berlangsung selama 3 hari, sejak 27-29 November 2023. Raker tersebut, fokus pada evaluasi program 2023, serta desain program kerja 2024.

Narasumber yang dihadirkan yaitu, Direktur Pascasarjana UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof Dr. H. Wahidmurni. Sementara sebagai peserta, meliputi, 11 Ketua Program Studi (Kaprodi) S2 dan S3, tenaga kependidikan, dan staf Pascasarjana UIN KHAS Jember.

Wakil Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember Dr. H. Saihan, M.Pd.I., menyatakan bahwa raker yang dilaksanakan itu sekaligus menjadi ajang silaturahim untuk memperkuat komitmen internal dalam memajukan Pascasarjana. “Alhamdulilah, kekompakan tim Pascasarjana UIN KHAS Jember akan semakin meningkatkan kualitas akademik di masa mendatang,” ucapnya.

Berita Terbaru

Launching PMB UIN KHAS Jember, Libatkan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah hingga Pondok Pesantren
20 Feb 2024By humas
Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2024, Panitia Gandeng Pesantren dan Madrasah se Indonesia
17 Feb 2024By humas
182 Mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Ikuti Yudisium ke-25
17 Feb 2024By humas

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;