info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

UPK UIN KHAS Jember Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Media Digital, WAREK III : Pengembangan Softskill Mahasiswa Tanggungjawab Lembaga

Home >Berita >UPK UIN KHAS Jember Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Media Digital, WAREK III : Pengembangan Softskill Mahasiswa Tanggungjawab Lembaga
Diposting : Kamis, 28 Mar 2024, 10:18:17 | Dilihat : 575 kali
UPK UIN KHAS Jember Gelar Pelatihan Jurnalistik dan Media Digital, WAREK III : Pengembangan Softskill Mahasiswa Tanggungjawab Lembaga


Humas - Dalam upaya pengembangan Softskill Mahasiswa untuk membangun kesiapan mahasiswa terjun dalam bidang ekonomi di masyarakat, Unit Pengembangan Karir (UPK) UIN KHAS Jember, menyelenggarakan Pelatihan Jurnalistik dan Media Digital, dengan tema "How To Be A Great Content Creator" pada 27 Maret 2024.

Faizin, Warek III, dalam sambutannya menyampaikan bahwa zaman terus berkembang, tidak lagi bergerak di dunia lama, dunia industri sudah mempunyai ciri khasnya yaitu berkembangnya teknologi informasi. 

Sebagai Wakil Rektor yang bergerak di bidang kemahasiswaan, alumni, dan kerjasama, Faizin juga menyampaikan, seiring berkembangnya zaman yang bersamaan dengan semakin canggihnya teknologi, seorang konten kreator berpeluang memanfaatkan produk penjualan untuk dikemas menjadi sebuah berita sebagai konsumsi publik, yang dapat menjadi sumber penghasilan. 

"Nah, kita harus memasuki dunia itu, kalau tidak kita akan tertindas. Maka, salah satunya kita harus menjadi konten kreator yang hebat. Oleh karena itu, tanggungjawab lembaga adalah mengasah softskill Mahasiswa," ujarnya. 

Memenuhi tanggungjawab tersebut, Syamsul Bahri, Kreator video ternama, bersama tim Soerabaja45, sengaja dihadirkan, memberikan wawasan kepada puluhan peserta yang merupakan mahasiswa dari berbagai fakultas di UIN KHAS Jember. 

Keahliannya dalam bidang tersebut, membuatnya berhasil menyampaikan materi secara gamblang, mengajak para peserta mengikuti langkah demi langkahnya dalam mengajar, sehingga, peserta tampak antusias mengikuti acara hingga selesai. 

Hepni, Rektor UIN KHAS Jember mendukung penuh kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) ini. Sambutan Rektor mampu mendobrak semangat peserta. Ia membuka sambutannya dengan kalimat "Kalau anda jatuh itu bukan masalah, yang masalah adalah ketika Anda tidak bangun dari masalah," ungkapnya. Sebagai bentuk penyaluran semangat kepada mahasiswa, untuk sadar dan melakukan perbaikan, sadar dan memanfaatkan potensi dalam diri mahasiswa. 

Said Besari, Mahasiswa Program Studi (Prodi) Bahasa dan Sastra Arab (BSA), yang merupakan salah satu peserta Pelatihan Jurnalistik dan Media Digital, mengaku senang dengan adanya kegiatan ini. Menurutnya, kegiatan ini dapat memberikan ilmu baru, sekaligus, tambahan pengalaman. Bahkan, ia berencana, kedepannya, akan kembali menggeluti dunia konten kreator yang pernah ia jajaki sebelumnya. 

"Rencananya, saya akan lebih giat lagi, bergelut di dunia perkonten kreatoran ini. Karena, sebelumnya saya pernah tapi belum konsisten aja. Jadi, menaikkan semangat lagi, lah." Paparnya dengan semangat. 

Ia juga membubuhkan pesan, yang sengaja ia kutip dari pesan narasumber, yakni, menjadi konten kreator adalah pilihan, tapi menyebar kebaikan adalah keharusan. 

Adapun harapan ketua Unit Pengembangan Karir (UPK), Rusydi Baya'qub, dengan adanya kegiatan ini, dapat mengasah kemampuan mahasiswa, bertambah berkualitas bakatnya, khususnya dalam bidang konten kreator.
 

Pewarta: Shirly Yusfi

Editor: Munirotun Naimah

;