info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Rektor UIN KHAS Jember Ajak Pegawai Bertransformasi dari Pelayanan ‘Bola’ ke ‘Sultan’ Saat Hadiri Klinik Penguatan SIM UPT TIPD

Home >Berita >Rektor UIN KHAS Jember Ajak Pegawai Bertransformasi dari Pelayanan ‘Bola’ ke ‘Sultan’ Saat Hadiri Klinik Penguatan SIM UPT TIPD
Diposting : Selasa, 05 Dec 2023, 11:05:54 | Dilihat : 649 kali
Rektor UIN KHAS Jember Ajak Pegawai Bertransformasi dari Pelayanan ‘Bola’ ke ‘Sultan’ Saat Hadiri Klinik Penguatan SIM UPT TIPD


Humas – Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Pangkalan Data (UPT TIPD), Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menjadi ujung tombak pelayanan kelembagaan berbasis digital.

Hal itu disampaikan Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. Hepni, saat menghadiri kegiatan 'Klinik Penguatan Sistem Informasi Manajemen (SIM) UPT TIPD' di Hotel Rembangan. Senin, 4 Desember 2023, kemarin.

Selain itu, untuk meningkatkan kualitas pelayanan, kata rektor, perlu ide dan gagasan out of the box (perspektif baru), yang mudah dicatat oleh dunia sebagai lompatan birokrasi di UIN KHAS Jember, khususnya di UPT TIPD.

Prof. Hepni menjelaskan, pelayanan yang optimal dan prima, bisa dilalui dengan cara menghilangkan 4 hal, serta menggantinya dengan 5 hal. Yakni, transformasi dari pelayanan ‘Bola ke Sultan’.

Bola yang dimaksud, merupakan akronim dari perilaku, Bertele-tele, Old Style, Lamban, dan Aoleng (tidak berdasar). Imbuh Prof. Hepni, perilaku ‘Bola’ ini harus menjadi masa lalu, dan menghadirkan semangat baru seperti yang dia sebut pelayanan ‘Sultan’.

'Sultan' merupakan kepanjangan dari pelayanan yang, Segar, Ulet, Lincah, Tangkas, dan Nyegoro. Diakui Prof. Hepni, kata ‘Nyegoro’ memang terdengar dipaksakan. Tetapi, karakter pemimpin yang memiliki hati seluas lautan, alias tak bertepi, sangat krusial, sebagai penanda bagi satu peradaban yang maju.

“Itulah filosofi yang kita kembangkan, untuk kemudian membawa UIN KHAS Jember lebih maju,” jelas Prof. Hepni .

Untuk diketahui, kegiatan Klinik Penguatan Sistem Informasi Manajemen UPT TIPD, menghadirkan Prof. Bayu Taruna Widjaja Putra, sebagai narasumber. Kegiatan ini berlangsung selama 2 Hari, mulai tanggal 4-5 Desember 2023.

Kepala TIPD UIN KHAS Jember, Dr. Subakri menyampaikan, klinik penguatan sistem informasi manajemen merupakan upaya membekali pegawainya dalam melaksanakan tugas-tugas penitng di unitnya.

Imbuh Dr. Subkari, kegiatan tersebut penting dilakukan untuk menopang cara kerja yang lebih efektif dan efisien, serta untuk menambah pengalaman pegawainya dalam menyusun dan merencanakan perbaikan dan pengembangan sistem. 

“Melalui kegiatan ini, semoga berdampak positif bagi kemajuan UIN KHAS Jember,” ucap Dr. Sukbari, menutup percakapan.

Sebagai informasi, Sistem Informasi Manajemen adalah Suatu sistem Informasi yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi kampus secara digital. Baik proses akademik, penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen dan mahasiswa, keuangan, akreditasi, dan seterusnya.

Sistem ini juga bisa difungsikan sebagai analisis data, yang mendukung dan menentukan keputusan Kampus.

 

Penulis: Dahlan Nur Busri

Editor: Moh Nor Afandi

Berita Terbaru

Launching PMB UIN KHAS Jember, Libatkan Kepala Bidang Pendidikan Madrasah hingga Pondok Pesantren
20 Feb 2024By humas
Sosialisasi SPAN-UM PTKIN 2024, Panitia Gandeng Pesantren dan Madrasah se Indonesia
17 Feb 2024By humas
182 Mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Ikuti Yudisium ke-25
17 Feb 2024By humas

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;