info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Rektor Tutup Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional

Home >Berita >Rektor Tutup Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional
Diposting : Minggu, 16 Sep 2018, 17:21:13 | Dilihat : 1080 kali
Rektor Tutup Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional


IAIN Jember --- Kompetisi Peradilan Semu Tingkat Nasional (Sharia Faculty National Moot Court Competition) ditutup Rektor Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember Babun Suharto, Jumat (14/09) di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) IAIN Jember. Ajang kompetisi yang dimaksudkan untuk mengasah keilmuan dan keahlian hukum para mahasiswa Fakultas Syariah dari seluruh Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Indonesia ini digelar sejak tanggal 12 September 2018 di IAIN Jember.

Mengawali sambutannya, Babun memberikan semangat kepada mahasiswa-mahasiswi Fakultas Syariah dari pelbagai PTKIN dengan optimisme bahwa mahasiswa Fakultas Syariah PTKIN memiliki kedudukan yang sama dengan mahasiswa Fakultas Hukum pada perguruan tinggi umum lainnya. Gelar alumni Fakultas Syariah PTKIN saat ini adalah Sarjana Hukum (SH).

Karena itu, menurut Babun, ajang kompetisi peradilan semu merupakan momentum aktualisasi mahasiswa Fakultas Syariah sebagai calon praktisi hukum yang memiliki kemampuan akademis dan kemahiran hukum yang kompetitif.

“Mahasiswa Fakultas Syariah merupakan calon praktisi hukum yang diharapkan menjadi ujung tombak dari cita-cita negara hukum Indonesia. Karena itu, kompetisi ini menjadi penting sebagai tangga awal untuk melatih kemampuan akademis yang diperoleh dari bangku kuliah kemudian dituangkan dalam praktik peradilan”, ungkap Babun.

Rektor berharap kedepan, kompetisi peradilan semu dapat dilaksanakan secara nasional pada event-event besar ajang aktualisasi Mahasiswa yang digelar oleh Kementerian Agama. “Saya berharap kompetesi peradilan semu semacam ini dapat dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan Pekan Ilmiah, Olahraga, Seni, dan Riset (PIONIR) tingkat Nasional sebagai basis penguatan kompetensi mahasiswa Fakultas Syariah PTKIN menjadi calon praktisi hukum yang profesional”, tutur Babun.

Babun menyampaikan terima kasih kepada seluruh tim yang telah berpartisipasi dalam kompetisi peradilan semu. Ia berharap kompetisi ini dapat dilaksanakan setiap tahun sebagai ajang penguatan kompetensi serta pengembangan ilmu syariah dan hukum. “Saya ucapkan selamat kepada para pemenang kompetisi ini. Hemat saya, kompetisi peradilan semua harus dilaksanakan setiap tahun dengan tuan rumah masing-masing PTKIN secara bergantian”, kata Babun.

Ketua Panitia Kompetisi Peradilan Semu Martoyo mengungkapkan kompetisi ini digelar dalam rangka pengembangan Fakultas Syariah kedepan. Karena itu, ia berharap terbentuknya konsorsium Peradilan Semu Fakultas Syariah PTKIN se-Indonesia.

Adapun pemenang kompetisi peradilan semua tingkat nasional di IAIN Jember ini antara lain sebagai berikut:

  1. Juara I dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  2. Juara II dari IAIN Ponorogo
  3. Juara III dari IAIN Metro

Untuk ketegori terbaik antara lain:

  1. Majelis hakim terbaik dari IAIN Purwokerto
  2. Jaksa Penuntut Umum Terbaik dari IAIN Purwokerto
  3. Advokat terbaik dari IAIN Tulungagung
  4. Penggugat terbaik dari IAIN Surakarta
  5. Tergugat terbaik dari IAIN Pekalongan
  6. Saksi terbaik dari UIN Sunan Ampel Surabaya
  7. Terdakwa terbaik dari UIN Raden Fatah Palembang

Selamat kepada para pemenang kompetisi peradilan semu tingkat nasional tahun 2018. (wildanhef/humas)

Berita Terbaru

Lompatan Strategi Peningkatan SDM, Dosen UIN KHAS Jember Bakal Terima Insentif Disertasi
26 Apr 2024By humas
Prof. Dr. Faisol Nasar: Sosok Guru Besar yang Rendah Hati
25 Apr 2024By humas
UIN KHAS Jember Ancang-ancang Terbitkan International Book Chapter Global Islamic Finance
25 Apr 2024By humas

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;