info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Penguatan Moderasi Beragama, UIN KHAS Jember Selenggarakan TOT

Home >Berita >Penguatan Moderasi Beragama, UIN KHAS Jember Selenggarakan TOT
Diposting : Selasa, 09 Jul 2024, 06:24:42 | Dilihat : 2007 kali
Penguatan Moderasi Beragama, UIN KHAS Jember Selenggarakan TOT


Humas - Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember selenggarakan Training of Trainers (TOT) Penguatan Moderasi Beragama pada para Wakil Rektor, Dekan, Wakil Dekan, dan Wakil Direktur Pascasarjana UIN KHAS Jember.

Acara yang berlangsung di Kokoon Hotel Banyuwangi ini, secara resmi dibuka oleh Pimpinan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq, yakni Prof. Hepni, pada 8 Juli 2024. Dalam sambutannya, Ia menjelaskan secara gamblang terkait moderasi beragama.

"Sebetulnya, dalam moderasi beragama itu bukan agamanya yang dimoderatkan, karena agama sudah moderat. Akan tetapi, moderasi beragama adalah cara beragama, paradigma beragama, pikiran tentang agama, feeling bergama, itu yang harus moderat," kata Rektor.

"Jadi, sebenarnya moderasi beragama adalah ajaran berkesedangan. Bagaimana kita berfikir berkesedangan, bagaimana bertindak berkesedangan, dan bagaimana bersikap berkesedangan," lanjut Rektor.

Selain itu, sebelum materi moderasi beragama diberikan oleh Narasumber, yakni Dr. Ikillah Muzayyanah, Marzuki Wahid, dan Wawan Gunawan, Prof. Hepni juga memaparkan pentingnya moderasi beragama dalam kehidupan saat ini.

"Nah ini penting, terutama di tengah trend tergerusnya sikap damai dan kebersamaan. Maka mainstream moderasi beragama menjadi mendesak sebagai penyeimbang kehidupan yang damai, karena sesungguhnya kehidupan yang damai itu merupakan watak peradaban seluruh manusia," terang Rektor.

Di samping itu, Dr. Nawawi, ketua Panitia kegiatan Training of Trainers (TOT) Penguatan Moderasi Beragama melaporkan, bahwa, Training of Trainers yang diselenggarakan oleh UIN KHAS dan bekerjasama dengan PUSDIKLAT tenaga Administrasi tersebut, diikuti oleh 30 peserta, yang masing-masing mengemban tugas sesuai bidangnya.

"Peserta TOT kali ini adalah wakil rektor dan dekan, beliau ini pemegang kebijakan di wilayahnya masing-masing. Melalui tot ini, diharapkan beliau dapat memasukkan isu-isu moderasi beragama dalam posisi posisi strategis nya. Yang kedua, wakil dekan dan wakil direktur Pascasarjana, beliau memiliki tugas men-set up akademik yang ada di kampusnya masing-masing," papar Dr. Nawawi.

Sebagai ketua panitia Ia juga berpesan, bahwa, seluruh lembaga mempunyai tanggung jawab terhadap moderasi beragama dan berharap tidak hanya kepada sivitas akademika, akan tetapi, menggerakkan pada kehidupan masyarakat.

"Program moderasi beragama tidak hanya menjadi program Kementerian Agama semata, akan tetapi sudah menjadi program nasional, maka seluruh kementerian dan lembaga memiliki tanggung jawab bersama untuk memasukkan isu moderasi beragama dengan program strategisnya. tidak hanya pada sivitas akademika, tetapi bersama elemen yang lain, menggerakkan pada kehidupan bermasyarakat" ujar Dr.Nawawi.

Penulis: Shirly Yusfi
Editor: Munirotun Naimah 

;