info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Menuju SDGs Pembangunan Ekonomi Nasional, SEMA FEBI Adakan Sekolah Legislasi dan Webinar Nasional

Home >Berita >Menuju SDGs Pembangunan Ekonomi Nasional, SEMA FEBI Adakan Sekolah Legislasi dan Webinar Nasional
Diposting : Kamis, 30 Sep 2021, 13:04:12 | Dilihat : 1141 kali
Menuju SDGs Pembangunan Ekonomi Nasional, SEMA FEBI Adakan Sekolah Legislasi dan Webinar Nasional


Humas- Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq Jember mengadakan kegiatan Sekolah Legislasi 2021 dengan tema “Kredibilitas Legislator Muda dalam Pembangunan Ekonomi Nasional menuju Sustainable Development Goals (SDGs)” Senin (27/9) di Gedung Kuliah Terpadu (GKT) Lantai 2. Kegiatan ini merupakan program kerja dari komisi A (Legislasi) SEMA FEBI. Kegiatan tersebut mengundang perwakilan mahasiswa dari setiap lembaga eksekutif Republik Mahasiswa FEBI yaitu DEMA, HMPS PS, HMPS Eksyar, HMPS AKS dan HMPS MAZAWA.

Tujuan dari kegiatan ini yaitu meningkatkan pengetahuan Senat Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam sebagai lembaga legislatif dan untuk mengembangkan pola pikir mahasiswa berjiwa kritis terhadap perkembangan negara sesuai dengan tema yang diangkat.

Dalam kesempatan itu, Dr. Khamdan Rifa'i, S.E,.M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam memberikan apresiasi kepada Senat Mahasiswa yang telah memberikan wadah pengembangan bagi mahasiswa FEBI.

“Atas nama pimpinan, kami mengapresiasi kegiatan sekolah legislasi ini di tengah pandemi Covid-19. Kami berharap kawan-kawan mahasiswa tetap memegang kuat komitmen dalam memajukan ormawa FEBI dengan cara yang berbeda dari sebelumnya” jelasnya.

Materi pertama disampaikan oleh Lailatul Qodriyah, S.S, M.Pd.I, DPRD Jawa Timur Komisi A bidang Pemerintahan dengan tema "Kredibilitas Legislqtor Muda dalam Pembangunan Ekonomi Nasional menuju Sustainable Development Goals (SDGs) yang dipandu oleh moderator Massus Ali, ketua umum SEMA-I IAIN Jember Periode 2019/2020. Dilanjut dengan materi kedua tentang “Trias Politica dan Student Government” yang disampaikan oleh  Lucita Izza Rafika, S.Ip., M.M yang saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT. Utama Rafika Abyudaya Sadajiwa dan Kepala Subbagian KPDI Sekjend DPD-RI Jawa Timur.

Hari kedua merupakan kegiatan lanjutan Sekolah Legislasi  yang membahas tentang kelegislasian dan servant leadership oleh Ahmad Raziki S.E Mahasiswa Pascasarjana UIN Khas Jember. Dalam kesempatan kali ini membedah bagaimana cara perwakilan mahasiswa seperti DEMA, HMPS mampu memahami pola kepemimpinan dalam berorganisasi. Dan diharapkan kepada para mahasiswa nantinya bisa menjadi pemimpin yang mampu dan terampil, baik sebagai pemimpin masyarakat, yang murni dipilih dari rakyat, oleh dan untuk rakyat.

Selain itu, Senat Mahasiswa juga merumuskan materi tentang Legal Drafting dan teknik persidangan yang merupakan materi terakhir dalam sekolah legislasi 2021. Materi terakhir ini disampaikan oleh  advokad muda Abdur Rosyid S.H. Acara yang dilaksanakan selama 2 hari ini berisi materi-materi sekolah legislasi yang saling berkesinambungan dan diharapkan kepada mahasiswa FEBI untuk memahami dan mampu mengimplementasikan menuju SDGs dalam pembangunan ekonomi. (Humas/Naimah/Noval).

;