info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Mahasiswi Prodi KPI Juara News Reporter di UNY

Home >Berita >Mahasiswi Prodi KPI Juara News Reporter di UNY
Diposting : Minggu, 20 Jun 2021, 11:00:15 | Dilihat : 1138 kali
Mahasiswi Prodi KPI Juara News Reporter di UNY


HUMAS - Mahasiswi Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah UIN KH Achmad Siddiq (KHAS) Jember, Achi Wilfa Inayah, kembali mengharumkan nama almamater. Kali ini prestasi terbaru dipersembahkan dalam ajang Broadcasting Competition 2021 yang digelar Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Mahasiswi semester empat ini berhasil merebut juara dua kategori News Reporter Nuskara EO.

Kabar kemenangan itu dirilis pada Minggu, 6 Juni 2021 lalu melalui akun instagram @nuskara2021 milik panitia pelaksana. Dalam lomba itu Achi Wilfa Inayah mengirimkan karya liputan audio visual tentang suasana tes GeNose C-19 calon penumpang di Stasiun Jember. Tes itu untuk mengetahui kondisi kesehatan penumpang dari bebas covid-19 sebagai persyaratan bisa melakukan perjalanan menggunakan kereta api.

“Dalam lomba itu saya berperan sebagai reporter yang sedang melaporkan peristiwa dari lapangan. Alhamdulillah, meski hanya bermodalkan smartphone dalam pengambilan videonya, akhirnya bisa meraih juara dua,” papar Achi, sapaan akrabnya.

Prestasi perempuan kelahiran Jember, 29 September 2001 ini merupakan kali kedua dalam mengharumkan kampus kebanggaannya UIN KHAS Jember. Di bulan sebelumnya, Achi juga meraih Juara tiga dalam lomba bertajuk Kece Cari Presenter yang helat Kece TV Universitas Negeri Surabaya (Unesa) pada April 2021 lalu.

Gadis pengidola Najwa Shihab ini menuturkan, lomba yang diikutinya kali ini terdiri dari dua tahap. Tahap pertama diharuskan mengirim take video news reporter sekreatif dan seapik mungkin untuk diposting di akun instagram pribadi. Tahap kedua, peserta yang dinyatakan masuk 8 besar harus melewati uji publik yang digelar melalui Zoom Cloud Meeting.

Pada tahap kedua, dewan juri menilai setiap penampilan dari para peserta dan menentukan siapa saja yang layak menyandang status sebagai juara harapan 1,2,3 dan juara 1,2,3. Ada tiga juri yang menilai. Masing-masing Bayu Hariesta, Presenter Jogja TV; Sigit Andrianto, mantan wartawan Jawa Pos Semarang yang juga dosen UNY; dan Gilang Jiwana Adikara, anggota Jaringan Pegiat Literasi Digital yang juga dosen Ilmu Komunikasi UNY.

Bener-bener gak nyangka saya bisa meraih juara dua. Apalagi lomba yang saya ikuti ini ajang tingkat nasional,” tukas gadis asal Kebonsari, Jember itu bahagia. Untuk menggapai juara, Achi harus bersaing dengan peserta dari kampus kenamaan. Diantaranya dari London School of Public Relations Jakarta, Universitas Atma Jaya, Universitas Bhayangkara Surabaya, Sekolah Tinggi Multi Media MMTC Yogyakarta, Universitas Tidar, Universitas Budi Luhur, dan sang tuan rumah UNY.

Untuk mengikuti lomba itu, alumnus Pesantren Nuris Jember ini mengaku telah berlatih dan mempersiapkan diri layaknya seorang reporter. Diantaranya belajar dari melihat penampilan para reporter di televisi maupun youtube serta menjaga kualitas suaranya.  Saat masuk final di kategori News Reporter, Achi harus menyiapkan sendiri script dan beberapa point of view berita yang dilaporkan. (Humas/Choliq)

;