info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

IAIN Jember Evaluasi Serapan Anggaran Tahun 2018

Home >Berita >IAIN Jember Evaluasi Serapan Anggaran Tahun 2018
Diposting : Senin, 03 Sep 2018, 08:16:48 | Dilihat : 1012 kali
IAIN Jember Evaluasi Serapan Anggaran Tahun 2018


IAIN Jember --- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember menggelar Rapat Evaluasi Anggaran. Rapat dilaksanakan dalam rangka percepatan penyerapan anggaran tahun 2018. Rapat yang bertujuan mengetahui tingkat pencapaian target kinerja ini diikuti para Kepala Unit dan Lembaga, Wakil Dekan bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan serta pejabat terkait lainnya.

Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik dan Kemahasiswaan IAIN Jember Abd. Syakur menegaskan bahwa rapat evaluasi ini dimaksudkan untuk mengevaluasi dan mengetahui laporan penyerapan anggaran dari masing-masing fakultas dan unit/lembaga.

“Setiap Fakultas dan Unit/Lembaga akan menjelaskan mengenai capaian kinerja dan juga serapan anggarannya. Dari evaluasi ini, kami akan melakukan akselarasi untuk mempercepat penyerapan anggaran untuk tahun anggaran berjalan 2018”, ungkap Kabiro AUAK, Minggu (2/9) di Jember.

Menurut Abd. Syakur, dalam rangka percepatan anggaran, pihaknya membuat matriks anatomi kegiatan yang sudah, sedang, dan akan dilakukan, termasuk kegiatan yang tidak bisa dilakukan sampai akhir tahun. Hal ini dimaksudkan agar setiap fakultas/lembaga/unit dapat fokus untuk menyelesaikan program yang sedang berjalan dan segera mengekskusi program dan kegiatan yang belum dilakukan.

“Terhadap anggaran kegiatan yang tidak bisa dieksekusi sampai akhir tahun, kami berupaya untuk dialihkan melalui proses revisi secepatnya, jika itu memungkinkan. Karena itu, kami akan mendiskusikan dengan masing-masing unit dan lembaga tentang hal ini,” tambahnya.

Karena itu, dikatakan Abd. Syakur, pihaknya menghadirkan narasumber ahli untuk mendiskusikan tentang akselerasi dan strategi percepatan penyerapan anggaran.

Hadir sebagai Narasumber dalam kegiatan ini Kepala Biro Perencanaan Setjen Kemenag RI Ali Rokhmad. Ali Rokhmad menyampaikan dihadapan civitas akademika IAIN Jember tentang strategi percepatan penyerapan anggaran. Menurutnya,  implementasi proses perencanaan dengan merujuk pada hasil evaluasi akan memudahkan dalam mengeksekusi sebuah program.

“Bila evaluasi telah dilaksanakan, kita akan tahu mana program yang perlu direvisi, ditambah anggarannya, atau dilakukan perbaikan SDM, atau dialihkan dan sebagainya. Evaluasi semacam ini tentu sangat positif untuk dilakukan untuk melihat sebuah kinerja pada institusi atau lembaga,” ungkap Kepala Biro Perencanaan Kemenag.

Kegiatan rapat evaluasi penyerapan anggaran ini akan berlangsung selama dua hari, Minggu- Senin, 2 sampai 3 September 2018. (humas)

;