info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Dosen UIN KHAS Jember Raih Predikat Best Paper Award pada International Conference of Islamic Univer

Home >Berita >Dosen UIN KHAS Jember Raih Predikat Best Paper Award pada International Conference of Islamic Univer
Diposting : Kamis, 29 Jun 2023, 17:12:06 | Dilihat : 1621 kali
Dosen UIN KHAS Jember Raih Predikat Best Paper Award pada International Conference of Islamic Univer


Humas – Dosen Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, Dr. Shoni Rahamtullah Amrozi bersama timnya Dr. Erma Fatmawati berhasil meraih predikat Best Paper Award pada pagelaran International Conference of Islamic Universities (ICIU 2023) di Brunei Darussalam. Selasa, 27 Juni 2023 kemarin.

Penghargaan tersebut diraih keduanya, usai mempresentasikan hasil penelitiannya tentang ‘Model Integration Of Islamic Boarding Schools And Universities (Student Typology And Curriculum Study Of Student Boarding Schools)’.

Kepada Jurnalis Humas, Dr. Shoni yang saat ini aktif menjabat sebagai Kepala Pusat Studi Pesantren UIN KHAS Jember itu menyebut, bahwa paper yang dipresentasikan banyak membahas perihal komparasi antara khazanah tipologi pesantren tradisional, dengan pesantren mahasiswa pada aspek penerapan kurikulum.

Berbekal metode penilitian Library Reserch yang digunakan, Dr. Shoni menemukan perbedaan pada model kurikulum pembelajaran yang diterapkan keduanya. Kurikulum pesantren tradisional cenderung berpijak kepada sang kiai sebagai subjek, dan biasanya santri tidak memiliki wewenang untuk menolak.

Sementara Pesantren Mahasiswa kentara dipengaruhi oleh transformasi kurikulum. Akibatnya, santri tidak lagi sebagai objek, alih-alih berdiskusi, lalu bahkan rihlah ilmiah dengan Kiai berlangsung sedemikian mudahnya.

“Tipologi Pesantren Mahasiswa banyak dipengaruhi oleh penyesuaian kurikulum yang berkembang saat ini,” jelas Dr. Shoni.

Usai menggabungkan dua varibel tersebut, Dr. Shoni menambahkan, terdapat satu titik temu yang layak dielaborasi menjadi kurikulum baru. Sebagai dasarnya, Dr. Shoni menyitir satu kaidah, Al Muhafazatu ‘Ala Al Qadim Al Shalih Wa Al Akhdzu Bi Al Jadid Al Aslah (memelihara tradisi lama yang baik, dan mengambil sesuatu yang baru yang lebih baik).

“Semoga penghargaan ini bisa menginspirasi para peneliti lain agar terus berkarya dan berkhidmat,” pungkas Dr. Shoni seraya berharap.

Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Dr. Babun Suharto berkomentar, bangga dan berterimakasih atas prestasi tersebut. Menurutnya, setiap dosen tidak boleh gentar, dan harus percaya diri untuk berkompetisi di level internasional. Demi kemajuan kampus UIN KHAS Jember.

“Alhamdulillah, semoga ke depan semakin bertambah dosen berprestasi di tingkat internasional,” tutup rektor.

Berita sebelumnya, penghargaan berupa Best Paper Award merupakan peringkat tertinggi pada kompetisi paper se Asia yang digelar Asian Islamic Universities Association di Universiti Islam Sultan Sharif Ali Brunei Darussalam. Dari 12 tema yang ditetapkan penyelenggara, masing-masing diikuti hampir ratusan peserta.

Usai diseleksi oleh tim reviewer, Dosen asal UIN KHAS Jember yakni Dr. Shoni dan Dr. Erma ditetapkan sebagai peneliti terbaik, mengungguli delegasi perguruan tinggi asal Indonesia dan Negara lain di Asia. Seperti, Malaysia, Thailand, Kamboja, Qatar, Brunei, dan Australia. Karya terbaik keduanya, kini disebut akan diterbitkan di Scopus, tempat database Jurnal bereputasi Internasional. (humas/dnb)

;