info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

UIN KHAS Terima Kunjungan Dinas Pendidikan Thailand Selatan untuk Perkuat Hubungan Pendidikan di Asia Tenggara

Home >Berita >UIN KHAS Terima Kunjungan Dinas Pendidikan Thailand Selatan untuk Perkuat Hubungan Pendidikan di Asia Tenggara
Diposting : Senin, 29 Apr 2024, 14:11:02 | Dilihat : 550 kali
UIN KHAS Terima Kunjungan Dinas Pendidikan Thailand Selatan untuk Perkuat Hubungan Pendidikan di Asia Tenggara


Humas – Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember mendapat kunjungan dari dinas Pendidikan dan Badan Alumni Thailand pada Sabtu, 27 April 2024.

Rombongan Dinas Pendidikan Thailand terdiri dari Mrs. Supinya Wongnam,  Mr. Burahan Ihaloh, Mr. Mahamasayuti Liki, Mr. Zakee Sama-ae, Mrs. Nasila Saho, Mrs. Yaweena Tae, Mr. Rorsi Che-Mudo dan Mr. Furkon Musor. Kedatangan rombongan Thailand tersebut disambut hangat oleh Rektor UIN KHAS Jember, Wakil Rektor III, Kepala Pusat Layanan Kerjasama & International Office, Mahasiswa dan beberapa kampus yang bermitra dengan badan alumni. 

Kunjungan dalam rangka memperkuat hubungan Pendidikan ini diawali dengan sambutan Dinas Pendidikan dari Thailand Mrs. Supinya Wongnam. 

“Kami datang sejak tanggal 23 April lalu, tujuan kami datang ke UIN KHAS Jember untuk menjalin kerjasama di bidang Pendidikan,” ujar Supinya dalam sambutannya. 

Ia mengatakan bahwa Mahasiswa yang PPL dan KKN di sana memiliki banyak kemiripan. Mulai budaya, bahasa, dan makanan. Ia juga mengungkapkan ingin mengetahui lebih jauh tentang budaya yang ada di Indonesia. Selain itu, Ia ingin mengembangkan pengetahuan, dan  bertukar Ilmu pengetahuan dari dua belah pihak. 

“Terima kasih yang sebesarnya kepada UIN KHAS Jember telah menerima kami dengan sangat baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Mr. Rozee mengatakan bahwa ke depan, mahasiswa yang PPL ke Thailand akan diurus semua oleh para Direktur sekolah di sana. UIN KHAS Jember sudah bekerjasama sejak 2012 dan berlanjut hingga saat ini. 

Wakil Rektor III, Dr. Khoirul Faizin menyampaikan terima kasih atas kehadiran dari segenap tamu Thailand, para rektor, dan segenap pimpinan dari PT lainnya. 

“Kami sudah dua kali ke Thailand bersama, memang benar bahwa budaya di sana dan di Indonesia memiliki banyak kesamaan. Nuansa dan kebiasaan juga hampir sama” ujar Mr. Rozee. 

Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Hepni menyampaikan arahan secara teknis. 

“Ada 32 mahasiswa dari UIN KHAS yang akan dikirim ke Thailand. Program yang bagus ini selayaknya diteruskan, karena pendidikan akan mengubah budaya masyarakat, dan juga akan mengubah peradaban,” jelas Rektor. 

Ia merasa terhormat karena setiap tahun didatangi oleh Tim dari Thailand, dalam rangka monitoring para mahasiswa Thailand. Prof. Hepni juga mengatakan Thailand dan Indonesia memiliki banyak kesamaan, berada di sana ibarat berada di kampung sendiri. 

Rektor UIN KHAS Jember semakin hari semakin gencar memperluas kerjasama dengan pihak luar negeri, tidak hanya pertukaran pelajar, akan tetapi lebih ke kerjasama di bidang riset dan kolaborasi dalam menulis artikel. Kerjasama hari ini ditujukan kepada hal yang lebih strategis. 

“Level unggul dapat kita capai kalau ada riset kolaboratif, penulisan kolaboratif, dan bentuk kolaboratif yang lain. Ikatan silaturahmi dan kerjasama ini harapannya diperluas dalam hal-hal yang menjadi core dari Perguruan Tinggi. UIN KHAS Jember adalah pintu masuk kerjasama antara Thailand dan PT lain khususnya di wilayah Jember,” ujar Rektor UIN KHAS Jember. 

“Kerjasama ini harapannya dapat membangun peradaban di Asia Tenggara, dan juga dunia. Sekali lagi, terima kasih atas kunjungannya,” tutupnya. 

Penulis: Surya
Editor: Munirotun Naimah

;