info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

UIN KHAS Jember Gelar FGD dalam Rangka Evaluasi Pelaksanaan PMB Tahun 2024 dan Persiapan Pelaksanaan PMB Tahun 2025

Home >Berita >UIN KHAS Jember Gelar FGD dalam Rangka Evaluasi Pelaksanaan PMB Tahun 2024 dan Persiapan Pelaksanaan PMB Tahun 2025
Diposting : Kamis, 12 Sep 2024, 00:24:18 | Dilihat : 267 kali
UIN KHAS Jember Gelar FGD dalam Rangka Evaluasi Pelaksanaan PMB Tahun 2024 dan Persiapan Pelaksanaan PMB Tahun 2025


Humas – Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS) Jember menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) Evaluasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) melalui jalur SPAN-PTKIN, UM-PTKIN dan Seleksi Prestasi Non Akademik (SPNA) dan jalur Ujian Masuk Mandiri. Kegiatan ini berlangsung tanggal 11-12 September 2024.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun 2024. Selain itu, forum ini untuk sharing ide dan gagasan dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan PMB tahun 2025.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Pengembangan Lembaga, Prof. M. Khusna Amal dalam sambutannya menyampaikan perlu disiapkan sejak dini baik dari sisi panitia teknis, anggaran maupun sosialisasi. “Malam ini kita tentukan ketua PMB 2025,” tegasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Kalibaru Cottages ini dibuka secara resmi oleh Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Hepni. Dalam sambutannya menyampaikan hal yang senada dengan Wakil Rektor I, Prof. M. Khusna Amal bahwa harus dibentuk tim kreatif yang menangani PMB dan berlaku sepanjang tahun.

Selain itu, rektor berharap kepada para fakultas untuk terlibat aktif dalam menyusun skema sosialisasi terutama pada program studi yang kurang peminatnya. Ia juga berharap melalui momen ini mampu mengembangkan kesadaran sambil melakukan analisis dan segmentasi. Termasuk menggunakan model lama yang bisa diperbarui, pentingnya melakukan persiapan, koordinasi dan kerjasama dengan berbagai pihak dalam mensukseskan sosialisasi.

Kabag Umum dan Akademik, Samhadi mewakili Kepala Biro AUPK melaporkan capaian pelaksanaan PMB tahun 2024. Setelah itu acara dilanjutkan dengan tindak lanjut hasil evaluasi PMB tahun 2024 oleh para wakil rektor.

Wakil Rektor bidang Akademik dan Kelembagaan menyampaikan agar PMB ke depan perlu melibatkan seluruh sivitas dan pembentukan panitia harus sedini mungkin. Hal tersebut disambut baik Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Ainur Rafik siap mensupport PMB tahun 2025. Adapun evaluasi dari Wakil Rektor bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama juga menyampaikan pentingnya mengkaji kembali pola sosialisasi yang dilakukan UIN KHAS Jember.

Dalam sesi diskusi berbagai saran dan masukan yang disampaikan para peserta FGD menjadi catatan tersendiri dalam kegiatan ini untuk bahan evaluasi dan menjadi acuan untuk PMB ke depan. Acara di akhiri dengan penetapan panitia PMB tahun 2025 oleh Prof. M. Khusna Amal yang diamanatkan kepada Dr. Martoyo dan Dr. Saihan untuk menyiapkan pelaksanaan PMB 2025.

Dengan penetapan panitia ini diharapkan mampu menjadi pijakan untuk merumuskan langkah-langkah perbaikan pelaksanaan PMB UIN KHAS Jember tahun 2025 sehingga kualitas, layanan dan mutu pendidikan semakin meningkat.

Acara ini juga diikuti oleh para Dekan, Wakil Direktur Pascasarjana, para Wakil Dekan, Kepala Bagian Umum dan Akademik, para Kabag TU Fakultas, dan segenap panitia PMB UIN KHAS Jember tahun 2024..

Penulis: Munirotun Naimah

Editor: Cahya Fikri Mohammad

;