info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

UIN KHAS Jember Gelar Audit Eksternal Sertifikasi ISO Perguruan Tinggi

Home >Berita >UIN KHAS Jember Gelar Audit Eksternal Sertifikasi ISO Perguruan Tinggi
Diposting : Jumat, 25 Nov 2022, 18:36:16 | Dilihat : 710 kali
UIN KHAS Jember Gelar Audit Eksternal Sertifikasi ISO Perguruan Tinggi


Humas– Lembaga Penjaminan Mutu, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember (UIN KHAS) Jember gelar audit eksternal stage tahap dua untuk Sertifikasi International Organization for Standardization (ISO), 9001:2015 dan 21001:2018 di Rektorat. Rabu, 25 November 2022.

Audit kali ini rencananya akan digelar tiga hari bersama auditor asal MSC Global (Indonesia), dan merupakan lanjutan dari sebelumnya yakni audit stage tahap satu pada bulan lalu. 

Rektor UIN KHAS Jember, Prof. Babun Suharto menilai, upaya mendapatkan standarisasi internasional ini merupakan komponen penting dalam meningkatkan kualitas mutu perguruan tinggi. 

Menurutnya, dengan mendapatkan bersertifkasi ISO, artinya UIN KHAS Jember telah melengkapi syarat perguruan tinggi yang ramah bagi dunia internasional.

“Semoga audit selama tiga hari kedepan nanti, berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang diharapkan,” paparnya. 

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan, Prof. Miftah Arifin menambahkan, pihaknya sedari awal telah menyiapkan sejumlah dokumen yang berkaitan dengan proses audit. 

Upaya tersebut dimulai dengan melakukan audit di internalnya, guna mendapatkan pengakuan secara Internasional. “ini upaya meningkatkan mutu lembaga pendidikan dan penguatan manajemen mutu,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Tim Auditor menjelaskan, ISO 21001:2018 merupakan ISO yang diperuntukkan di bidang pendidikan. Selain itu, ISO ini nantinya, juga menjadi dasar dalam akreditasi 9 kriteria BAN PT. 

Lebih lanjut, sebagai lembaga yang memiliki kewenangan dalam mengeluarkan sertifikat bagi Institusi, auditor itu menyebut, MSC Global (Indonesia) tetap berkomitmen untuk mengimplementasi klausul-klausul ISO.

Karena itu dia berharap, hal-hal yang berkaitan dengan syarat dan ketentuan proses audit eksternal dan akreditasi dipersiapkan.

Sebagai informasi, kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Rektor UIN KHAS Jember bersama jajaran wakil Rektor, Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaaan dan Keuangan (AUPK), Direktur Pascasarjana, Dekan fakultas, Lembaga dan Unit Pengembangan Terpadu (UPT).

Pelaksanaan audit kali ini juga melibatkan dua orang Auditor dari MSC Global (Indonesia) yaitu M. Ainun Najib (leader) dan Nuhman (member).

Dalam proses audit tersebut LPM selaku wakil dari UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, berkesempatan mendampingi Proses audit tersebut yang akan berlangsung selama tiga hari dengan dua orang auditor. (Humas/dnb) 

Berita Terbaru

UIN KHAS Jember: Gelar Doa Bersama Awali Proses Unggah Borang Akreditasi Perguruan Tinggi
22 Apr 2024By humas
Jumat Berkah, DWP UIN KHAS Jember Berbagi ke Masyarakat Sekitar Kampus
20 Apr 2024By humas
Segera Diumumkan, Berikut Jadwal dan Cara Cek Kelulusan SPAN-PTKIN 2024
01 Apr 2024By humas

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;