info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

UIN KHAS Jember Ancang-ancang Terbitkan International Book Chapter Global Islamic Finance

Home >Berita >UIN KHAS Jember Ancang-ancang Terbitkan International Book Chapter Global Islamic Finance
Diposting : Kamis, 25 Apr 2024, 14:40:22 | Dilihat : 480 kali
UIN KHAS Jember Ancang-ancang Terbitkan International Book Chapter Global Islamic Finance


Humas - Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN KHAS Jember, Profesor M. Khusna Amal menyebut, akan menerbitkan Book Chapter (Buku ber-bab) tentang Global Islamic Finance (Keuangan Islam Global) dalam waktu dekat.

Hal itu disampaikan usai melangsungkan rapat dengan sejumlah dosen pakar di Ruang Rapat SPI pada hari Kamis, 24 April 2024, kemarin.

Menurut pria yang akrab dipanggil Prof Amal itu, kekinian Global Islamic Finance menjadi alat efektif dalam mendorong pembangunan di berbagai sektor di dunia. Sehingga, literasi keuangan Islam dunia perlu diterbitkan untuk diarusutamakan sebagai jawaban terhadap tantangan kemiskinan ekstrim serta dalam meningkatkan kesejahteraan bersama secara global.

Buku yang diperkirakan terdiri dari 500 halaman itu, secara umum akan mengulas soal-soal keuangan Islam mulai dari basic level hingga seputar perkembangan termutakhir, serta pengaruhnya terhadap peningkatan ekonomi negara-negara muslim maupun Non-muslim di dunia.

Meski belum diketahui pasti soal kapan direalisasikan rencana tersebut, mantan Dekan Ushuluddin Adab dan Humaniora itu sempat membeberkan sejumlah nama-nama yang dirinya sebut mampu menyelesaikan tugas itu. Salah satunya, Khairunnisa Musari, dosen perempuan asal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam.

Bagi Prof Amal, penerbitan buku bertaraf internasional penting dilakukan. Selain sebagai wujud kepedulian menjawab tantangan dan peluang masa depan keuangan Islam di dunia, ihwal juga senada dengan amanah Dasacita rektor yakni rekognisi internasional dan pengembangan Sumber daya manusia. (Read: Dasacita Rektor)

Sebagai institusi perguruan tinggi, isu-isu pendidikan global pun juga masuk dalam daftar agenda penerbitan buku. Sebagai penanggungjawabnya, Wakil Rektor 1 itu menunjuk Kepala Unit Pengembangan Bahasa, Imam Mahfudi pada saat rapat berlangsung.

Sementara Dekan Fakultas Dakwah, Fawaizul Umam, juga diberi tanggungjawab menyelesaikan buku Filosofi Keilmuan atau yang dikemas dengan ‘Mata Air Ilmu’. Nantinya, buku ini akan menyusul deretan karya terbitan UIN KHAS Jember yang sebelumnya mengulas Visi Kebangsaan Kiai Haji Achmad Siddiq.

Untuk diketahui, berdasarkan hasil notulensi Staff Wakil Rektor Bidang Akademik dan Pengembangan Kelembagaan UIN KHAS Jember, Akh Munir mencatat, fokus agenda rapat penerbitan buku itu masih seputar penyusunan tim, pedoman, hingga juklak juknisnya.

 

Pewarta: Dahlan Nur Busri

Editor: Moh Nor Afandi

;