info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Rektor UIN KHAS dan Ketua PBNU Ngobras Visi Pemikiran Kebangsaan Kiai Haji Achmad Siddiq

Home >Berita >Rektor UIN KHAS dan Ketua PBNU Ngobras Visi Pemikiran Kebangsaan Kiai Haji Achmad Siddiq
Diposting : Rabu, 27 Jun 2022, 11:17:13 | Dilihat : 281 kali
Rektor UIN KHAS dan Ketua PBNU Ngobras Visi Pemikiran Kebangsaan Kiai Haji Achmad Siddiq


Humas - Bangsa ini kembali dihadapkan dengan satu tantangan, yakni munculnya elemen terntentu yang tengah berupaya mengintrodusir dan mengampanyekan gagasan terntetu yang tidak sejalan dengan nilai-nilai kebangsaan ditengah masyarakat selama ini.

Hal itu disampaikan Haji Amin Said Husni Ketua PBNU saat tengah menjadi narasumber dalam forum ulasan Visi Pemikiran Kebangsaan Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) di UIN KHAS Jember. Sabtu, 25 Juni 2022.

Amin Said menyebut, menerapkan gagasan khilafah dan Politik Aliran sebagai panglima, sama halnya dengan kembali ke masa lalu yakni pertikaian yang tak kunjung usai. “Kita pernah melalui itu, dan mentok Konstituante akhirnya dibubarkan,” ujarnya

Mantan Bupati Bondowoso itu menyontohkan perdebatan tentang Islam sebagai dasar negara, pada masa lalu sudah pernah disuarakan, dan akhirnya diam pada kebuntuan.

“Saatnya kita membangun, dari pada berdebat hal-hal yang memicu pertikaian,” terang.

Karena itu, titisan pemikiran KHAS hari ini bukan lagi sebagai referensi belaka, melainkan cara pandang yang berimbang dalam menggulik hal ukhuwah Islamiyyah, Wathoniyyah, dan Basyariyyah. “untuk lebih lengkapnya, silahkan baca buku visi Pemikiran Kebangsaan Kiai Haji Achmad Siddiq ini,” tutup Amin Said.

Rektor UIN KHAS Jember Prof. Babun Suharto mengatakan, pihaknya bersyukur memiliki nama Perguruan Tinggi yakni Kiai Haji Achmad Siddiq. Menurutnya, KHAS memiliki kecerdasan pemikiran dan keteledanan sikap yang relevan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Mislanya, ‘Mencintai tanah air (Nasionalisme) sebagian dari iman’. Bagi Prof Babun merupakan karomah pemikiran KHAS dalam menyikapi kesenjangan antara agama dan negara. “Semoga kita senantiasa menjadi pribadi yang mampu mengamalkan pemikiran dan keteladanan sikap beliau,” harapnya.

Menyoal isu yang tengah menggurita di tengah masyarakat,  Ketua PW GP Ansor Jawa Timur Haji M. Syafiq Syauqi berkomentar, serbuan kaum ektrimis dalam mengoyak warisan pemikiran para kiai-kiai, hari ini semakini menjadi-jadi. Tujuannya tak lain adalah, menumpulkan sikap nasionalisme dan mempertajam fanatik keagamaan.

Pria yang akrab disapa Gus Syafiq itu menerangkan, sebagai pemuda Ansor yang ditugaskan PBNU menjaga ukhuwah wathoniyyah akan terus berkomitmen dan menyemboyankan ‘NKRI harga mati’ .

Alasannya, nasionalisme merupakan warisan keinginan para kiai-kiai sepuh seperti Kiai Haji Achmad Siddiq dan banyak Kiai lainnya untuk hidup bersama di Bumi Nusantara, sekalipun tidak karena kesamaan Agama, bahasa, dan Budaya.

“Komitmen dan kesepakatan kiai-kiai ini yang harus dijaga bersama-sama,” pungkasnya.

Untuk diketahui, sebagaimana Kata Rektor UIN KHAS Jember sebelumnya. Jika Ngobras tahun lalu mengahasilkan perubahan status dari IAIN ke UIN KHAS Jember, maka nantinya Forum ngobrol santai ini akan terus mengupayakan perhelatan kegiatan yang berkuliatas dan bermutu. Tak terkecuali ikut serta membahas isu-isu regional nasional, dan internasional. “Setelah acara ini nanti, Insya Allah akan ada perhelatan yang dihadiri Mbak Nana (Najwa Syihab),” ungkap Rektor UIN KHAS Jember.

Berdasarkan pantaun Jurnalis di lokasi kegiatan, Ngobras dengan tema visi Pemikiran Kebangsaaan Kiai Achmad Siddiq ini setidaknya dihadiri dan diikuti oleh sejumlah peserta. diantaranya berasal dari Perwakilan PC NU dan GP Ansor asal Jember, Banyuwangi, Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo. (humas/dnb)

Berita Terbaru

Lompatan Strategi Peningkatan SDM, Dosen UIN KHAS Jember Bakal Terima Insentif Disertasi
26 Apr 2024By humas
Prof. Dr. Faisol Nasar: Sosok Guru Besar yang Rendah Hati
25 Apr 2024By humas
UIN KHAS Jember Ancang-ancang Terbitkan International Book Chapter Global Islamic Finance
25 Apr 2024By humas

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;