info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Pramuka UIN KHAS Gelar Giat Prestasi 2024 untuk Tingkat Penegak, Harap Memunculkan Tunas Muda Berprestasi

Home >Berita >Pramuka UIN KHAS Gelar Giat Prestasi 2024 untuk Tingkat Penegak, Harap Memunculkan Tunas Muda Berprestasi
Diposting : Sabtu, 20 Jul 2024, 09:55:59 | Dilihat : 2018 kali
Pramuka UIN KHAS Gelar Giat Prestasi 2024 untuk Tingkat Penegak, Harap Memunculkan Tunas Muda Berprestasi


Humas - Gerakan Pramuka Gugus Depan 01.143-01.144 Racana Ki Bagus Pangalasan dan Nyai Retno Arum Pangkalan UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember mengadakan kegiatan lomba pramuka penegak Se-Jawa Timur yang dikenal dengan sebutan Giat Prestasi (GP) KHAS 2024.

GP KHAS 2024 bertajuk tema “Sinergi Giat Prestasi untuk Tunas Muda Berprestasi” yang memiliki makna bahwa Giat Prestasi ini menjadi salah satu wadah bagi pramuka penegak untuk berlomba-lomba dalam lingkup pramuka khususnya. 

Kegiatan Giat Prestasi ini dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut, mulai dari tanggal 19 hingga 21 Juli mendatang yang bertempat di Bumi Perkemahan Imam Nahrawi UIN KHAS Jember.

Acara resmi dibuka langsung oleh Dr. Khoirul Faizin, M. Ag selaku Wakil Rektor III sekaligus pembina upacara dengan simbolis pemukulan gong pada Jumat kemarin (19/07/24). 

"Sebagai tuan rumah lomba penegak Se-Jatim, UIN KHAS memberi tempat bagi para generasi muda untuk mengekspresikan nilai-nilai kepramukaan seperti kedisiplinan, kerjasama, toleransi, memupuk persatuan melalui beberapa perlombaan dan itu menjadi penting bagi bangsa kedepannya. Juga tak lupa untuk mengenalkan tradisi akademika kampus kita kepada mereka" ungkap kak Faizin panggilan akrabnya.

Tak hanya itu saja, kegiatan ini juga turut dimeriahkan dengan kehadiran para tamu undangan pada ceremonial pembukaan mulai perwakilan dari tiap UKM/UKK UIN KHAS, Purna Racana, Ketua Gugus Depan 01.143 hingga Kapolsek Kaliwates.

Achmad Nur Huda, panggilan akrabnya di pramuka Kak Huda selaku Ketua Dewan Racana UIN KHAS 01.143 mengatakan bahwa kegiatan Giat Prestasi 2024 ini terdapat 12 bidang lomba yaitu Pionering, LKTI, Duta Materi, Bagus Arum Night, Kreasi Yel, Reportase, Odsa games, Kaligrafi, MTQ, Navigasi Darat, Nusantara Camp, dan Kuliner Khas.

Menurut data yang disampaikan panitia,  perlombaan tingkat penegak Se-Jawa Timur ini diikuti sebanyak 200 peserta dari 10 pangkalan sekolah jenjang SMA/sederajat yang ada di Jawa Timur terkhusus di Kabupaten Jember.

Salah satu peserta Giat Prestasi ialah Alfi, dari SMKN 02 45 Ambulu mengungkapkan ajang kompetisi merupakan lomba yang sangat menarik dan menjadi pengalaman pertamanya sehingga ia mengharapkan dari kegiatan ini dapat bermanfaat dan memberikan feedback yang baik kedepannya.

Dan dari serangkaian perlombaan yang diadakan dalam Giat Prestasi 2024 ini harapannya nanti dapat memunculkan (tunas) bibit-bibit berprestasi yang baru juga penemuan jati diri dari setiap pangkalan" ujar Fimasruri, Ketua Panitia.

Penulis: Intan Permatasari
Editor: Munirotun Naimah 

;