info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

PERKUAT BIDANG SASTRA DAN HUMANIORA, FUAH UIN KHAS JEMBER JALIN KERJASAMA DENGAN AKADEMI JAWI MALAYSIA

Home >Berita >PERKUAT BIDANG SASTRA DAN HUMANIORA, FUAH UIN KHAS JEMBER JALIN KERJASAMA DENGAN AKADEMI JAWI MALAYSIA
Diposting : Minggu, 29 Sep 2024, 20:12:00 | Dilihat : 47 kali
PERKUAT BIDANG SASTRA DAN HUMANIORA, FUAH UIN KHAS JEMBER JALIN KERJASAMA DENGAN AKADEMI JAWI MALAYSIA


Humas -Sebagai peyelenggara Program Studi Sastra dan Ilmu Humaniora, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora (FUAH) UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember terus berupaya meningkatkan kualitasnya. Menyadari pentingnya memperkuat kegiatan tri dharma perguruan tinggi dalam bidang sastra dan ilmu humaniora, maka pengelola fakultas menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga internasional yang relevan. Keinginan ini diwujudkan salah satunya melakukan kegiatan kerjasama dengan Akademi Jawi Malaysia pada, Selasa 23 September 2024. 

Serangkaian acara mewarnai kegiatan kerjasama antara FUAH UIN KHAS Jember yang dipimpin Prof. Dr. Ahidul Asror dengan Akademi Jawi Malaysia yang diwakili Muhammad Syukri Rosli. Rangkaian acara kegiatan kerjasama ini dimulai dengan diskusi seputar perjalanan Islam masuk ke wilayah Malaysia. Diskusi ini juga membedah berbagai karya ulama Jawi dan ulama-ulama Nusantara dengan berbagai karya mereka. Dalam diskusi, Muhammad Syukri Rosli mengatakan bahwa agar generasi sekarang tidak kehilangan jati diri, maka mereka perlu belajar membangun peradaban yang bersumber dari nilai yang dikembangkan ulama Jawi dalam berbagai karya mereka. 

Dalam kegiatan ini, Akademi Jawi juga memaparkan berbagai temuan tentang karya Sastra Jawi dalam berbagai ornamen dan lukisan huruf Arab. Rangkaian acara kerjasama ini ditutup dengan penandatanganan nota kesepahaman yang berisi kemungkinan kegiatan yang dapat dilakukan bersama, antara pihak FUAH UIN KHAS Jember dengan Akademi Jawi Malaysia.

Selepas acara penandatangan nota kesepahaman ini, Prof. Dr. Ahidul Asror menegaskan bahwa Akademi Jawi Malaysia sangat memberi peluang dan ruang bagi para dosen FUAH UIN KHAS untuk bisa melaksanakan riset kolaboratif. Bagi mahasiswa yang berkeinginan mendalami sastra Arab Jawi melalui kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Akademi Jawi Malaysia juga bersedia menyiapkan tenaga ahli sebagai pendamping kegiatannya. Demikian pula, Akademi Jawi juga siap memberikan pelatihan berkait penulisan sastra Arab Jawi.

Penulis: Kontributor FUAH

Editor: Munirotun Naimah 

;