info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Peringatan Maulid Nabi; Momentum untuk Menambah Kecintaan kepada Baginda Muhammad SAW

Home >Berita >Peringatan Maulid Nabi; Momentum untuk Menambah Kecintaan kepada Baginda Muhammad SAW
Diposting : Kamis, 26 Sep 2024, 20:40:43 | Dilihat : 144 kali
Peringatan Maulid Nabi; Momentum untuk Menambah Kecintaan kepada Baginda Muhammad SAW


Humas – Dharma Wanita Persatuan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (DWP UIN KHAS) Jember memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW pada Kamis, 26 September 2024.

Bertempat di ruang rapat rektorat lantai 1 acara ini menghadirkan Dr. Achmad Fathor Rosyid, S.Sos., M.Si sebagai penceramah. Peringatan ini mengusung tema Perkuat Iman dan Taqwa dengan Spirit Teladan Nabi agar menjadi Perempuan Berkualitas dan Berakhlak Mulia.

Pertemuan rutin DWP kali ini diselenggarakan oleh gabungan dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M), Unit Pengembangan Bahasa (UPB) dan UPT Pengembangan Karir (UPK). Seperti yang disampaikan oleh ketua panitia yang diwakili oleh Evi Nurfadillah, S.Pd.I

“Ini merupakan perpaduan dari LP2M, UPB dan UPK,” jelasnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih atas kehadiran para ibu-ibu anggota DWP UIN KHAS Jember.

Sementara Ketua DWP, Luluk Sulthoniyah, S.Ag., M.Pd dalam sambutannya menyampaikan syukur atas pelaksanaan dua kegiatan hari ini yakni DWP UIN KHAS Jember Peduli dan Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Ia menyampaikan pentingnya berbagi kepada mahasiswa yang memiliki kekurangan secara fisik. Ia mengajak para pengurus dan anggota untuk menyumbangkan rezekinya untuk mahasiswa disabilitas.

"Mudah-mudahan ke depan mahasiswa dan mahasiswi yang membutuhkan uluran dan bantuan bisa terdata dan tersalurkan,” ungkap Dosen FTIK tersebut.

Luluk juga berharap kepada para anggota untuk lebih aktif pada acara-acara DWP kedepan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan, Dr. Ainur Rafik menyampaikan sambutannya.

“Pada kesempatan ini kita patut bersyukur diberikan kesehatan dan kemampuan untuk melaksanakan bagian dari ibadah yakni memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW,” ungkapnya.

Ia menjelaskan dengan memberi peringatan maka akan bermanfaat bagi orang lain dan harus ada bekas (dampaknya). “Peringatan kalau tidak ada atsar atau bekas maka akan mubazir,”

Ia juga mengingatkan kembali salah satu pilar KH. Achmad Siddiq yakni memperbanyak Sholawat.

“Mari kita tingkatkan kecintaan kepada Rasulullah dan berusaha memperbanyak Sholawat, semoga kegiatan ini manfaat dan barokah bagi kita semua,” tutupnya.

Dr. Achmad Fathor Rosyid, S.Sos., M.Si dalam momentum peringatan Maulid Nabi ini berharap mampu menambah kecintaan kepada Baginda Muhammad SAW dengan menambah kualitas sholawat serta mampu meneladani sifat-sifat nabi Muhammad dalam kehidupan sehari-hari.

Ia juga menyampaikan ada tiga hal yang bisa dilakukan dalam memperingati maulid nabi yakni dengan membaca Al-Qur’an, bercerita sirah/kisah Nabi Muhammad dan menyedekahkan makanan untuk dinikmati bersama.

Penulis: Munirotun Naimah
Editor: Cahya Fikri Mohammad

;