info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Panitia PBAK UIN KHAS Jember Klarifikasi Soal Video Viral di Sosial Media

Home >Berita >Panitia PBAK UIN KHAS Jember Klarifikasi Soal Video Viral di Sosial Media
Diposting : Rabu, 26 Aug 2022, 01:35:35 | Dilihat : 1203 kali
Panitia PBAK UIN KHAS Jember Klarifikasi Soal Video Viral di Sosial Media


Humas – Ketua panitia pelaksana kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, Dr. Saihan, akhirnya angkat bicara soal isu terkait video yang tengah beredar di sosial media. Kamis, 25 Agustus 2022

Pasalnya, video yang memperlihatkan sejumlah peserta PBAK tengah menari-nari itu terjadi di tempat ibadah pada umumnya. Faktanya, kegiatan tersebut berlangsung di area bangunan yang rencananya akan diperuntukkan sebagai Masjid Sunan Kalijaga UIN KHAS Jember pada Selasa, 23 Agustus 2022 lalu.

Saihan mengatakan, sudut pengambilan gambar video tersebut memang berpotensi mengaburkan pandangan penonton. Kaligrafi yang menempel pada bangunan itu, kentara seperti masjid lain yang biasa ditempati.

Kendati demikian, Saihan tidak membenarkan aksi menari ini dilakukan di tempat tersebut. Bahkan, Kata Saihan, pihak panitia setelah menerima laporan forum sedang tidak kondusif kala itu, segera bergegas melakukan pengondisian peserta.

“Persis setelah peristiwa itu kami lakukan penertiban tegas,” terangnya.

Lebih lanjut, Saihan yang sekaligus Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Kerjasama dan Alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) itu mengungkapkan, video tersebut tentu hanya cuplikan singkat dari keseluruhan kegiatannya.

Saihan menjelaskan, persis pada pukul 07.00 WIB, peserta PBAK yang terdiri dari Prodi FEBI itu diarahkan untuk berkumpul. Mereka dikumpulkan, tak lain agar mengikuti sejumlah materi dari para narasumber hingga pukul 12.00 WIB.

Usai satu Jam istirahat, pada pukul 13.00 WIB kembali melanjutkan materi sesuai schedule hingga pukul 15.00 WIB.

“Kami mendapat laporan dari Tim (Panitia unsur Mahasiswa), bahwa materi terakhir sudah selesai. Pada saat bersamaan, panitia PBAK pusat turun dan menginstruksikan agar mahasiswa tidak bubar sebelum pukul 16.00 WIB,” ujar Saihan.

Tak hayal, segenap Tim pun mencari cara agar peserta tidak bubar sebelum jadwal tersebut. Mulai dari menampilkan yel-yel, memberikan motivasi, bahkan unjuk keterampilan.

Ketika salah satu peserta unjuk keterampilan yang pertama, suasana masih tertib dan sopan. Tak berselang lama, akhirnya peserta lain request lagu ‘ojo dibanding-bandingke’.

Sesaat kemudian dinyanyikan, salah satu peserta tiba-tiba maju sambil menari, lalu diikuti peserta lainnya bak terbawa suasana akan lagu yang tengah viral itu.

Menganggap suasana sudah tidak terkendali, seluruh tim kemudian menghentikan dan kembali menertibkan peserta untuk kembali ke tempat.

Sampai disini, Saihan menegaskan, video yang beredar saat ini cuplikan sepintas dari kejadian yang sebenarnya. Sehingga timbul persepsi seolah-olah panitia membiarkan kejadian tersebut.

Kata Saihan menambahkan, klarifikasi ini tidak bermaksud membenarkan apa yang sudah terjadi pada hari itu. “Kami hanya menyampaikan apa yang sebenarnya agar timbul persepsi yang seimbang atau fair,” tutup Saihan.

Untuk diketahui, PBAK UIN KHAS Jember dengan tema ‘Manifesto Moderasi Beragama dalam Bernegara’ ini digelar sejak 22-24 Agustus 2022.

Dari total 3.670 Mahasiswa baru, dibagi menjadi Lima kelompok, berdasarkan fakultas masing-masing. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan bertempat di Gedung Kuliah Terpadu, Fakultas Syariah di Masjid Sunan Ampel, Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora di Gedung Teater, kemudian Fakultas Dakwah di Aula lama, dan terkahir FEBI sebagaimana diberitakan sebelumnya. (humas/dnb)

Berita Terbaru

Lompatan Strategi Peningkatan SDM, Dosen UIN KHAS Jember Bakal Terima Insentif Disertasi
26 Apr 2024By humas
Prof. Dr. Faisol Nasar: Sosok Guru Besar yang Rendah Hati
25 Apr 2024By humas
UIN KHAS Jember Ancang-ancang Terbitkan International Book Chapter Global Islamic Finance
25 Apr 2024By humas

Agenda

Informasi Terbaru

Belum ada Informasi Terbaru

Lowongan

;