info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Lempar Topi Toga saat Wisuda, Tandai Kesiapan Wisudawan UIN KHAS Jember Terbang Tinggi Gapai Mimpi

Home >Berita >Lempar Topi Toga saat Wisuda, Tandai Kesiapan Wisudawan UIN KHAS Jember Terbang Tinggi Gapai Mimpi
Diposting : Kamis, 29 Feb 2024, 19:21:44 | Dilihat : 2398 kali
Lempar Topi Toga saat Wisuda, Tandai Kesiapan Wisudawan UIN KHAS Jember Terbang Tinggi Gapai Mimpi


Humas – Berbeda dengan wisuda kemarin, kali ini Rektor Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, Profesor Hepni, mengajak ratusan peserta wisuda melempar topi toga setinggi-tingginya, persis saat melangsungkan sesi foto bersama di GKT. Kamis, 29 Februari 2024, tadi.

Pesan simbolik ini dikonfirmasi rektor, tak lain dalam rangka memacu semangat alumni agar betul-betul totalitas dalam mengejar cita-cita mereka, bak terbang tinggi sampai di puncak kesuksesan. Seperti yang ia sebutkan, “Mari terbang tinggi mengejar mimpi.”  

Hepni menambahkan, bahwa alumni UIN KHAS Jember memiliki peluang sukses, bila bekal ilmu dan pengetahuan yang telah diperoleh itu ditekuni dan diamalkan.

“Berbekal pengetahun yang diperoleh, serta berbagai macam keilmuan dan keterampilan yang dienyam di kampus. Para wisudawan harus siap terbang untuk meraih impian,” imbuh rektor yang sempat viral karena pantunnya itu.

Kepada peserta wisuda sarjana ke 57 dan program magister ke 38 itu, Hepni mengingatkan, kehadiran dan kiprah lulusan UIN KHAS Jember kentara ditunggu-tunggu oleh masyarakat.

“Anda adalah pemimpin-pemimpin masa depan. Anda semua ditunggu oleh masyarakat akan kiprahnya. Maka tugas Anda adalah tunjukkan kepada orang tua dan masyarakat, bahwa selama berproses di UIN KHAS Jember Anda tidak melakukan hal yang sia-sia. Tetapi betul-betul membawa dampak perubahan kepada masyarakat,” ungkapnya memotivasi.

“Tunjukkan bahwa kami sudah berubah. Kami datang dari sebuah pengasingan intelektual membawa sekarung hasil untuk saya tebar bagi rahmat lil alamin,” imbuh Hepni.

Lebih lanjut, Rektor sekaligus Dosen Pascasarjana UIN KHAS Jember itu mengatakan, bahwa prosesi wisuda merupakan titik awal bagi perubahan hidup bagi wisudawan.

“Kalau sampai detik ini belum move on, belum jadi episentrum bagi pergerakan Anda ke depan. Maka detik ini saya sampaikan set up GOAL anda,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dia berpesan agar para alumni tidak sekedar jalan di tempat, melainkan terus melaju memperjuangkan impian masing-masing. Menjadi Sarjana, terlebih Magister, harus menerjemahkan dirinya sebagai sosok yang memiliki kemampuan di atas rata-rata.

“Jangan unstopable, jangan berhenti untuk terus berjihad, berusaha keras untuk mewujudkan impian anda. Setiap anda punya impian, maka gigihlah memperjuangkan impian Anda. Tidak ada yang tidak bisa dicapai,” ungkapnya.

Untuk diketahui, dalam 10 hari terakhir ini, UIN KHAS Jember telah menyelenggarakan 3 kali wisuda. Yakni tanggal 21, 27, 29 Februari 2024.

Dengan rincian, pada tanggal 21 Februari lalu mewisuda sebanyak 305 wisudawan, dan 27 Februari diikuti oleh 300 peserta.

Sementara terakhir pada periode Februari ini, UIN KHAS Jember mewisuda sebanyak 300 Wisudawan. Total wisudawan pada periode ini, mencapai 905 wisudawan yang terdiri dari Sarjana dan Magister.

 

Pewarta: Munirotun Naimah

Editor: Dahlan Nur Busri

;