info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Kontingen Pramuka UIN KHAS Jember Ikut Meramaikan Pembukaan PWN PTK XVI Gorontalo

Home >Berita >Kontingen Pramuka UIN KHAS Jember Ikut Meramaikan Pembukaan PWN PTK XVI Gorontalo
Diposting : Senin, 22 May 2023, 20:03:50 | Dilihat : 525 kali
Kontingen Pramuka UIN KHAS Jember Ikut Meramaikan Pembukaan PWN PTK XVI Gorontalo


Humas - Kontingen Pramuka Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember mengikuti kegiatan perkemahan Wirakarya Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan (PWN PTK) XVI di IAIN Sultan Amai Gorontalo Sulawesi pada tanggal 22-27 Mei 2023. Kegiatan tersebut dihadiri oleh peserta sebanyak 1.200 peserta yang berasal dari 68 Perguruan Tinggi Keagmaan se-Indonesia dan 4 Madrasah Aliyah negeri di Provinsi Gorontalo.

UIN KHAS Jember mengirimkan kontingen sebanyak delapan mahasiswa dan delapan mahasiswi. Para kontingen siap berpartisipasi dan mengikuti peraturan panitia selama kegiatan berlangsung.

Wakil Rektor III bidang kemahasiswaan dan kerjasama UIN KHAS Jember Prof Dr. Hepni, M.M, mengatakan PWN PTK kali ini mengangkat tema tentang ‘Merawat Keberagaman dan Perdamaian Dalam Bingkai Moderasi Beragama’ merupakan tema yang cukup menarik pasalnya tahun 2024 merupakan tahun politik yang mana PWN ini menjadi ajang untuk menciptakan situasi yang kondusif.

“Saya berharap PWN di Gorontalo memiliki nilai strategis yang cukup mendasar, selain tema yang diangkat mengenai moderasi bergama, tentu nanti akan menghadapi tahun politik” jelasnya, Senin (22/5/2023).

Lebih lanjut Prof. Hefni berpesan kepada kontingen pramuka UIN KHAS Jember untuk membuat prestasi dan tentu menjadi generasi yang handal dan produktif. “Pramuka kedepan tidak lagi hanya tepuk tangan tapi ikut menciptakan prestasi membanggakan, menyiapkan generasi yang handal, aktif dan produktif” pesan beliau.

Peserta yang dikirim merupakan pilihan dan hasil seleksi yang diharapkan mampu membawa nama baik universitas di tingkat nasional. “Sebelum berangkat kami minta peserta untuk menyiapkan semua perlengkapan, jangan sampai ada yang tertinggal,” ujarnya.

Pembukaan PWN ke-16 ditandai dengan pemukulan alat musik tradisional Gorontalo Palo-Palo oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Ketua Kwarnas Budi Waseso, Gubernur Gorontalo Ismail Pakaya, Dirjen Pendis Muhammad Ali Ramdhani, Rektor IAIN Sultan Amai Gorontalo Zulkarnaen Suleman, dan Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo.

PWN juga menjadi wadah pembinaan dan pengembangan Pramuka Penegak dan Pandega yang berpangkalan di PTK untuk mengaktualisasikan dan mengekspresikan segala potensi yang dimiliki, meningkatkan kemandirian sehingga mampu mendedikasikan karya dan bakti nyata di tengah-tengah masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan Tri Bina Pramuka.

Terdapat beberapa bentuk kegiatan pada PWN PTK XVI tahun 2023 ini yang berupa kegiatan umum, kegiatan bakti fisik, bakti non-fisik, pengembangan wawasan dan keterampilan serta malam pentas seni budaya Nusantara.

Pada akhir acara pembukaan, dilakukan parade kontingen peserta PWN PTK XVI 2023. Para kontingen peserta secara bergantingan dan beriringan memperkenalkan diri. Pada kesempatan ini, Kontigen UIN KHAS Jember melakukan parade dengan menggunakan pakaian khas Jember. (Humas/Surya)

;