info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

KKN Kolaborasi UIN KHAS Jember Bangun Taman Moderasi di Perbatasan Indonesia dan Papua New Guinea

Home >Berita >KKN Kolaborasi UIN KHAS Jember Bangun Taman Moderasi di Perbatasan Indonesia dan Papua New Guinea
KKN Kolaborasi UIN KHAS Jember Bangun Taman Moderasi di Perbatasan Indonesia dan Papua New Guinea


Humas - Kuliah Kerja Nyata Kolaborasi Nusantara Moderasi Beragama (KKN KMB) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember dengan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAIN) se Indonesia telah berakhir.

Dari 54 PTAIN, Enam diantaranya UIN KHAS Jember, UIN Walisongo Semarang, UIN Ar-Raniry Banda Aceh, IAIN Ambon, IAIN Pare-pare, dan IAIN Fatahul Muluk berlokasi di Kampung Skouw Sae, Distrik Muaratami, Kota Jayapura, Provinsi Papua.

Sebagai paripurna kegiatan KKN Kolaborasai tersebut, mereka membangun prasasti Taman Moderasi tepat di perbatasan Republik Indonesia dan Papua New Guinea (PNG).

Delegasi UIN KHAS Jember, Tri Budi Prastyo, Mahaiswa Fakultas Ushuluddin Adab dan Humaniora mengatakan, Taman Moderasi itu dibangun sebagai apresiasi atas kerukunan umat Islam dan Kristen di tengah masyarakat Skouw Sae.

Soal kerukunan umat beragama, Kata Budi, kemanusiaan menjadi modal dasar pada setiap program bakti sosialnya. “Jadi sikap moderat dan simbol moderasi beragama adalah solusi untuk tangga belajar menjadi manusia yang memanusiakan manusia,” terang Budi Mahasiswa Program Studi Ilmu Al Qur'an dan Tafsir ini.

Dia berharap, Taman yang dirinya bangun di halaman Masjid Al-Aqsa, Jl. Transad Kampung, Kampung Skouw Sae itu mampu menunjangan positif ke berbagai aspek sosial dan ekonomi.

“Lokasi ini strategis, persis di jalur utama destinasi wisata, tepatnya di jalur RI - PNG melalui darat,”tutupnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Agama Kota Jayapura, Abdul Hafid Yusuf, menyambut baik Pembangunan Taman Moderasi itu. Menurutnya, hasil karya KKN Kolaborasi ini merupakan wujud konkret pengentasan masalah masyarakat setempat dalam memanfaatkan peluang.

“Kami mengapresiasi setinggi-tingginya umm tim KKN KNMB Skouw Sae 2022 yang sudah berhasil membangun taman moderasi, karena sesuai dengan multikultur masyarakat kampung ini dan mengangkat perekonomian masyarakat lokal dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam. Semoga ini langkah terbaik membangun bangsa dan berkah untuk umat,” Tutup Hafid.

Senada dengan Kemenag Jayapura, Ondoafi atau Raja kampung Skouw Sae, David Lomo mengapresiasi, Taman Moderasi ini merupakan hasil program kerja terbaik KKN Kolaborasi tahun ini.

“Terimakasih kepada adik-adik yang sudah melewati perjuangan untuk mewujudkan solusi nyata untuk kami,” Tutup David. (humas/dnb/tbp)

Berita Terbaru

Ribuan Mahasiswa dan Masyarakat Umum Hadiri Sholawat Kebangsaan di UIN KHAS Jember
21 Sep 2022By humas
UIN KHAS Jember Lantik Dua Kapus Baru, Ketua LP2M: Dua Pusat Ini Sangat Dibutuhkan
13 Sep 2022By humas
Rapat Evaluasi PPG LPTK UIN KHAS Jember Dihadiri Wakil Menteri Agama RI
05 Sep 2022By humas

Agenda

Informasi Terbaru

PENGUMUMAN DAFTAR NAMA CALON WISUDAWAN PADA WISUDA PERIODE V TAHUN 2022
15 Sep 2022By akademik
Pengumuman Jadwal Perekaman Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
12 Sep 2022By humas
Pengumuman Pendaftaran Seleksi  Beasiswa KIP Tahun 2022
05 Sep 2022By akademik

Lowongan

;