info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila UIN KHAS Jember Sebut Pancasila Bukan Sekedar Kata

Home >Berita >Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila UIN KHAS Jember Sebut Pancasila Bukan Sekedar Kata
Diposting : Kamis, 01 Jun 2023, 08:47:04 | Dilihat : 888 kali
Inspektur Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila UIN KHAS Jember Sebut Pancasila Bukan Sekedar Kata


Humas – Pancasila bukanlah sekadar kata-kata. Pancasila adalah semangat dan jiwa bangsa Indonesia yang harus tercermin dalam tindakan dan sikap kita sehari-hari.

Hal itu ditegaskan Wakil Rektor 2 Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, Prof. Dr. Hefni Zein saat berpidato pada upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, yang berlokasi di Lapangan Imam Nahrowi pada Kamis, 1 Juni 2023 pagi tadi.

Menurut Prof. Hefni, Pancasila merupakan kristalisasi pemikiran para pejuang bangsa yang betul-betul kuat dan visioner. Bukan sembarang kata, Pancasila sebagai falsafah berbangsa dan bernegara dinilai tidak lekang oleh ruang dan waktu, terlebih sebagai pedoman hidup dan landasan berbangsa yang kekinian semakin relevan.

“Kita harus mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam segala aspek kehidupan kita, mulai dari keluarga, kampus, hingga masyarakat luas,” ujar Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama UIN KHAS Jember itu.

Selalin itu, Prof. Hefni juga mengimbau seluruh sivitas akademika untuk terus meningkatkan toleransi, saling menghormati, bekerja tim yang solid, serta menanamkan rasa bangga sebagai anak bangsa. 

“Kita tingkatkan rasa kebanggaan sebagai anak bangsa, merawat dan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa kita,” tambahnya.

Dia berharap, momentum bersejarah ini, mampu memperkuat persatuan dan kesatuan sebagai bangsa. Dengan menjauhkan diri dari perpecahan dan perbedaan yang dapat merusak keutuhan negara.

“Kita bangun kerjasama yang erat, saling mendukung, dan memupuk semangat gotong royong dalam masyarakat, dan selamat hari lahir Pancasila” tutup warek.

Sebagai informasi, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengusung tema ‘Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global’.

Beradasarkan pantauan Jurnalis Humas, sejumlah pimpinan seluruhnya terlihat hadir, di antaranya, Rektor Prof. Dr. Babun Suharto, Prof. Dr. Miftah Arifin Wakil Rektor Bidan Akademik, Prof. Dr. Moch. Chotib Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum, Perecenaan, dan Keuangan. Serta, Plt. Kepala Biro AUPK UIN KHAS Jember, Samhadi, S.Sos. serta dekan dan wakil dekan kelima fakultas, FTIK, Syariah, Dakwah, Febi, dan FUAH. (humas/dnb)

;