info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Hadirkan Keragaman Budaya, Mahasiswa Asing dari Thailand Antusias Memulai Perjalanan Akademik di UIN KHAS Jember

Home >Berita >Hadirkan Keragaman Budaya, Mahasiswa Asing dari Thailand Antusias Memulai Perjalanan Akademik di UIN KHAS Jember
Diposting : Selasa, 27 Aug 2024, 21:18:02 | Dilihat : 677 kali
Hadirkan Keragaman Budaya, Mahasiswa Asing dari Thailand Antusias Memulai Perjalanan Akademik di UIN KHAS Jember


Humas – Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember kembali menyambut mahasiswa baru dalam acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) yang digelar selama empat hari, mulai tanggal 26 hingga 29 Agustus 2024. Dalam gelaran PBAK kali ini, kehadiran mahasiswa baru (maba) dari Thailand turut menambah semarak acara yang bertujuan memperkenalkan kehidupan kampus dan nilai-nilai akademik kepada para peserta.

Pada PBAK tahun ini, sebanyak lima mahasiswa baru berasal dari Thailand dengan Program Studi yang berbeda. Mereka adalah Khairul Anwar Deesaeh, Tarmizi, Aiman, Rosalee Sama-ae, dan Walif Sailamu. Mahasiswa dari Thailand yang baru bergabung ke UIN kHAS ini menjadi sorotan dalam upaya menjalin hubungan internasional. Selain itu juga dalam rangka menghadirkan suasana multikultural di kampus. Dengan kehadiran mereka, diharapkan mahasiswa lokal dapat lebih terbuka terhadap ragam budaya dari luar negeri serta memperkaya pengalaman akademik dan sosial mereka.

Di hari kedua ini, PBAK diisi dengan pengenalan akademik masing-masing Fakultas. Selain itu, acara PBAK juga diisi dengan berbagai kegiatan yang menekankan pentingnya toleransi, persatuan, dan pengembangan diri sebagai mahasiswa. Kehadiran mahasiswa dari Thailand turut memperkaya diskusi mengenai budaya dan sistem pendidikan yang berbeda, memberikan perspektif baru bagi mahasiswa lokal tentang bagaimana perbedaan dapat menjadi kekuatan dalam berkolaborasi.

Para mahasiswa dari Thailand sendiri menyambut baik kesempatan ini dan merasa antusias untuk memulai perjalanan akademik mereka di UIN KHAS Jember. Rupanya, keterbatasan bahasa tidak menghalangi semangat mereka. 
"Dihari kedua ini, banyak sekali ilmu yang saya dapatkan, serta teman-teman khususnya Kakak Pendamping Kelompok yang membantu saya untuk belajar bahasa baru." ujar Khairul Anwar, salah satu mahasiswa asal thailand.  

UIN KHAS Jember sendiri menurut mereka merupakan kampus pilihan yang merupakan salah satu Kampus Islam Negeri dengan Akreditasi terbaik. Mereka juga mengungkapkan, bahwa terdapat Alumni Kampus yang juga berasal dari Thailand sehingga mereka juga mengikuti jejaknya.
"Saya dan kawan-kawan juga mendapatkan informasi dari kakak yang sudah lulus dari UIN, sehingga saya juga ingin berkuliah di UIN KHAS Jember" ujar Rosalee. Di akhir, Mereka berharap bisa berbaur dan belajar bersama mahasiswa Indonesia serta mengenal lebih dekat budaya dan tradisi setempat.

Dengan suasana penuh antusiasme dan kebersamaan, PBAK tahun ini menjadi langkah awal yang penuh makna bagi mahasiswa baru dari Thailand dan seluruh peserta dalam menyongsong masa depan yang cerah di dunia akademik dan kemahasiswaan UIN KHAS Jember.

Penulis : Wiji Dwistya Pratiwi
Editor : Munirotun Naimah 

;