info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Hadiri Pelepasan KKN UIN KHAS, Bupati Lumajang: Mahasiswa Harus Berikan Inspirasi dan Inovasi

Home >Berita >Hadiri Pelepasan KKN UIN KHAS, Bupati Lumajang: Mahasiswa Harus Berikan Inspirasi dan Inovasi
Hadiri Pelepasan KKN UIN KHAS, Bupati Lumajang: Mahasiswa Harus Berikan Inspirasi dan Inovasi


Humas - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) telah melaksanakan penyerahan mahasiswa dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di beberapa Kabupaten dan Kota. Untuk tahun 2022 tahap II ini, LP2M UIN KHAS Jember menyelenggarakan KKN di Kabupaten Jember, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Banyuwangi, dan di Provinsi Bali yaitu di Jembrana dan Buleleng

Untuk pelepasan mahasiswa KKN di Lumajang dilaksanakan di Pendopo Arya Wiraraja Lumajang. Hadir memberikan arahan, Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, yang akrab dipanggil Cak Thoriq. Bupati Lumajang meminta kepada para peserta KKN agar mampu memberikan inspirasi dan inovasi di masyarakat.

“KKN merupakan fase tahapan dimana para mahasiswa berinteraksi langsung dengan masyarakat dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral. Begitu KKN, kalian adalah pengemban amanah kampus perguruan tinggi, tidak sekedar orang yang berkehidupan dengan masyarakat, tapi kalian adalah orang yang diharapkan memberikan inspirasi, pikiran dan inovasi di masyarakat," ungkap Bupati Lumajang di hadapan para peserta KKN Kabupaten Lumajang, Rabu (29/6/2022).

Dikatakan Bupati Lumajang, potensi kehidupan sosial maupun keagamaan juga dinilai sangat penting dalam berkehidupan bersama masyarakat. Hal itu akan menjadi salah satu kekuatan dalam menghadapi tantangan di lapangan.

“Siapa yang adaptif, siapa yang tidak adaptif dan siapa kira-kira nanti yang mampu melakukan langkah-langkah sosial berkehidupan bersama masyarakat, itu yang akan menjadi kekuatan dan kelebihan kalian dalam menghadapi tantangan ke depan,” papar Bupati Lumajang dengan penuh semangat.

Sementara itu, wakil rektor bidang akademik dan pengembangan lembaga Miftah Arifin mengungkapkan, bahwa kegiatan KKN dilaksanakan kurang lebih 40 hari, yakni terhitung mulai 29 Juni sampai 7 Agustus 2022. Selain itu, peserta sebanyak 430 orang Mahasiswa tersebut akan ditempatkan di 30 Desa yang tersebar di Kabupaten Lumajang.

“Peserta KKN kita ada 430 mahasiswa di Kabupaten Lumajang untuk 30 desa, satu desa ada satu kelompok dan satu pembimbing di lapangan”, terang Miftah Arifin.

Miftah juga meminta kepada para peserta KKN agar menjaga nama baik kampus UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. “Para mahasiswa adalah delegasi kampus untuk berinteraksi, bersosialisasi, serta melakukan pemberdayaan. Karena itu, tolong jaga nama baik kampus. Tebarkan kebaikan dan kebermanfaatan”, ungkap Miftah.

Turut hadir dalam pelepasan ini, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Dr. Zainal Abidin, M. Si, Sekretaris LP2M Khoirul Umam, para Kepala Pusat di lingkungan LP2M dan para dosen pembimbing lapangan. (Humas)

Berita Terbaru

Deteksi Kanker Serviks dan Payudara; DWP UIN KHAS Jember Gelar Tes IVA dan SADANIS Gratis
11 Aug 2022By humas
Kabiro AUPK UIN KHAS Jember Raih Predikat Terbaik Tercepat saat Wisuda Doktor
10 Aug 2022By humas
UIN KHAS Jember Sabet Medali pada Cabor Taekwondo PESONA Kesatu di Bandung
10 Aug 2022By humas

Agenda

Informasi Terbaru

Pengumuman  Pengambilan dan Pengembalian Toga Wisuda Periode IV Tahun 2022
08 Aug 2022By akademik
Pengumuman Pengambilan Buku Tabungan Bagi Penerima Beasiswa Pemkab Tahun 2022
08 Aug 2022By akademik
PENGUMUMAN WISUDA PERIODE IV TAHUN 2022
01 Aug 2022By akademik

Lowongan

;