info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

FTIK UIN KHAS Jember Selenggarakan ACIE, Siapkan Calon Pendidik Profesional

Home >Berita >FTIK UIN KHAS Jember Selenggarakan ACIE, Siapkan Calon Pendidik Profesional
Diposting : Rabu, 16 Oct 2024, 12:31:47 | Dilihat : 74 kali
FTIK UIN KHAS Jember Selenggarakan ACIE, Siapkan Calon Pendidik Profesional


Humas - The 3RD Annual Conference on Islamic Education (ACIE) telah sukses digelar oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Universitas IsIam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) pada 14-15 Oktober 2024, di Halaman FTIK UIN KHAS. 

ACIE merupakan conference tingkat internasional yang di dalamnya membahas isu yang berkaitan dengan pendidikan, dengan menghadirkan sejumlah Narasumber kompeten dari dalam negeri dan luar negeri, yang diikuti oleh Mahasiswa dan sivitas akademi UIN KHAS Jember.

Lebih lanjut, Prof. Muis, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, menyampaikan bahwa ACIE menjadi sebuah wahana untuk membuka wawasan lebih luas. Tidak hanya menyajikan informasi tentang aktualisasi persoalan-persoalan pendidikan yang berada di Indonesia, tapi juga menyajikan informasi tentang perkembangan pendidikan dan proses pembelajaran dari berbagai narasumber. 

"Tentu perpaduan antara narasumber dalam negeri dan luar negeri ini memberikan tambahan wacana baru bagi kita, sehingga paling tidak mahasiswa FTIK punya pemahaman pengetahuan bagaimana seorang pendidik yang baik dan ideal," jelasnya. 

Selain itu, Dekan FTIK mengungkapkan bahwa ACIE yang merupakan agenda rutin FTIK ini diselenggarakan sebagai wujud pertanggungjawaban fakultas atas predikat unggul yang disandang Program Studi yang berada di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Dengan membangun berbagai jaringan, termasuk jaringan internasional, sehingga hal ini membantu dalam pengembangan prosesnya pendidikan. 

"Menjadi sebuah komitmen kita untuk membangun jaringan. Jaringan di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Kita sudah punya akreditasi unggul kita punya komitmen untuk bagaimana keunggulan-keunggulan itu akan berdampak pada proses pembelajaran nya, pada sarana prasarananya, pada output dan outcamenya, dan juga berdampak pada jaringannya".

"Ketika sudah dinyatakan terakreditasi unggul maka sudah seharusnya kita memberikan layanan-layanan istimewa untuk mahasiswa kita," tambahnya. 

Prof. Hepni, Rektor Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, hadir bersama Wakil Rektor I, Wakil Rektor II, Wakil Rektor III, dan sejumlah sivitas akademi, mengapresiasi kegiatan ini. Ia menyatakan dukungan dan support pada kegiatan yang dinilai mengangkat topik yang aktual dan relevan untuk kondisi saat ini. 

Kegiatan yang menghadirkan Narasumber nasional dan internasional, juga melibatkan sejumlah mahasiswa mempresentasikan makalahnya, dan diikuti mahasiswa sebagai peserta dan sivitas akademika. 

Harapannya, kegiatan ini memunculkan inovasi baru bagi Dosen maupun mahasiswa, mengkader calon Pendidik yang mampu mengatasi problematika yang berbeda di setiap masanya, sehingga bisa mengantarkan mahasiswa menjadi generasi emas di tahun 2045, dan bisa bersaing dengan yang lainnya. 

Sebagai tambahan informasi, narasumber lokal, nasional, dan internasional yang mencurahkan ilmunya dalam ACIE ialah Prof. Khusna Amal, Prof. Muhammad Zuhdi, Prof. Abdullah Idi, Dr. Suraiya, Dr. Khoiriyah, Dr. Kaili Zhang, Dr. Manuela Heinz, dan Jorn Bjerre.

Penulis: Shirly Yusfi

Editor: Munirotun Naimah 

;