info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

FGD MBKM; Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia (UniSZA) Siap Menerima Mahasiswa UIN KHAS Jember

Home >Berita >FGD MBKM; Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia (UniSZA) Siap Menerima Mahasiswa UIN KHAS Jember
Diposting : Rabu, 01 Oct 2022, 10:20:17 | Dilihat : 743 kali
FGD MBKM; Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia (UniSZA) Siap Menerima Mahasiswa UIN KHAS Jember


Humas - Dalam rangka percepatan dan penguatan mutu perguruan tinggi Universitas Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menggelar Focus Group Discussion (FGD) Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertempat di Kalibaru Cottages pada 30 September sampai 1 Oktober 2022.

Dalam sambutannya Rektor UIN KHAS Jember Prof. Dr. H. Babun Suharto, SE., MM. bahwa melalui MBKM mahasiswa mampu menguasai berbagai disiplin keilmuan yang memadai dan berkompeten yang sejalan dengan kebutuhan dunia kerja di masa depan. Selain itu MBKM ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa memiliki pengalaman belajar lain di luar program studi bahkan di luar perguruan tingginya.

“Melalui kerjasama Universiti Sultan Zainal Abidin Malaysia (UniSZA) siap menerima MBKM dari mahasiswa UIN KHAS Jember” terangnya.

Lebih-lebih, kata Rektor menambahkan, tidak hanya di Malaysia, UIN KHAS Jember sudah membangun kerjasama pula dengan universitas yang ada di Maroko melalui unit yang baru dibentuk yaitu Internasional Office.

“Saya berharap dengan adanya Intenasional Office kampus UIN KHAS ini lebih maju dan berkembang di kancah internasional dan sudah saatnya kesana” tegasnya penuh harap.

Selain itu Rektor juga berharap melalui MBKM, Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang di luar Jawa melalui KKN Nusantara UIN KHAS Jember itu lebih lama, tidak hanya 45 hari melainkan lebih sehingga mahasiswa bisa langsung melanjutkan pada program Pengenalan Lapangan Pendidikan (PLP) Riset dan menyelesaikan tugas akhir.

“Mahasiswa KKN pada MBKM tidak hanya belajar dengan masyarakat melainkan juga bisa menyelesaikan tugasnya berupa PLP, Riset sampai tugas akhir berupa skripsi. Hal ini sudah dilaksanakan oleh mahasiswa di tempat KKN ini sehingga soal waktu tidak hanya 45 hari melainkan bisa satu semester untuk bisa menyelesaikan itu semua” tegasnya.

Sementara itu, Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Prof. Dr. Miftah Arifin, M.Ag menambahi bahwa MBKM ini bisa berjalan secara maksimal ketika didukung oleh beberapa pihak mulai dari fakultas, jurusan, prodi, dan lembaga lain yang terkait.

“Makanya dalam acara FGD ini saya mengundang dari unsur dekanat dan tim MBKM untuk bisa membahas dan melakukan persamaan persepsi tentang MBKM ini,” ungkap Prof. Miftah. 

Diketahui pula, dalam rangka percepatan di kalibaru Cottages ini ada empat kegiatan bersamaan dengan tempat atau Aula yang terpisah yaitu FGD Implementasi Kurukulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), FGD Penyusunan Buku Pedoman Pendidikan, dan FGD Penyusunan Buku Pedoman Penulisan Karya Ilmiah, FGD Pelatihan Peningkatan Pengelolaan, dan Pelaporan Anggaran UIN KHAS Jember. (Humas)

;