info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalin Kerjasama dengan Ombudsman RI, Sinergi Pengawasan Pelayanan Publik

Home >Berita >Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalin Kerjasama dengan Ombudsman RI, Sinergi Pengawasan Pelayanan Publik
Diposting : Kamis, 17 Oct 2024, 13:21:55 | Dilihat : 125 kali
Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Jalin Kerjasama dengan Ombudsman RI, Sinergi Pengawasan Pelayanan Publik


Humas - Fakultas Syariah Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember menjalin kerja sama dengan Ombudsman Republik Indonesia melalui penandatanganan perjanjian yang dilaksanakan di Aula Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kuliah tamu dari Wakil Ketua Ombudsman RI Ir Bobby Hamzar Rafinus, MIA, dengan topik Peran Kampus dalam Pengawasan Pelayanan Publik. 

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Dr. Wildani Hefni menyambut baik kegiatan ini, yang dimaksudkan tidak hanya sebagai pelaksanaan kuliah umum saja, namun juga penandatanganan kerja sama antara Ombudsman RI dengan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember. 

“Terima kasih kepada Ombudsman RI dan Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Timur atas kolaborasi yang terjalin. Kuliah umum seperti ini, merupakan contoh nyata adanya sinergi antara Ombudsman RI dengan perguruan tinggi dalam upaya penguatan pelaksanaan pelayanan publik," ungkap Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember Wildani Hefni, Kamis, 17 Oktober 2024.

Dekan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember juga menyebutkan bahwa dunia kampus bisa membantu mengawasi pelayanan publik secara aktif, melalui dukungan penyebaran ilmu pengetahuan, serta kegiatan mahasiswa untuk ikut mengedukasi masyarakat.

Wakil Ketua Ombudsman RI Ir Bobby Hamzar Rafinus menyebutkan bahwa kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk melibatkan dunia akademik dalam pengawasan pelayanan publik. 

“Pelayanan publik yang inklusif hanya bisa dicapai melalui kolaborasi antara pemerintah, akademisi, dan masyarakat. Fakultas Syariah UIN KHAS Jember memiliki peran penting dalam mencetak sumber daya manusia yang kritis dan mampu memberikan kontribusi positif bagi pelayanan publik,” ungkap Bobby Hamzar Rafinus. 

Hamzar Rafinus juga menambahkan bahwa kerja sama ini merupakan bagian dari upaya mendekatkan Ombudsman RI dengan dunia pendidikan. 

“Ini menjadi bukti bahwa sinergi antara kampus dan Ombudsman RI sudah berjalan baik dan perlu terus ditingkatkan,” kata Bobby Hamzar.

Sementara Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Timur Agus Muttaqin menuturkan bahwa pihaknya sangat berharap semakin banyak mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yang terlibat dalam pengawasan pelayanan publik. Pihaknya menyebutkan bahwa selama ini telah menerima banyak mahasiswa Fakultas Syariah UIN KHAS Jember yang magang dan Praktik Kerja Lapangan (PKL) di kantor Ombudsman perwakilan Jawa Timur.

“Fakultas Syariah UIN KHAS Jember menjadi salah satu mitra strategis dalam upaya Ombudsman RI untuk mewujudkan pelayanan publik yang inklusif dan berkualitas. Kami berharap event ini dapat mendorong mahasiswa untuk terlibat aktif dalam proses peningkatan mutu pelayanan publik di berbagai sektor”, harap Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Jawa Timur Agus Muttaqin.

Hadir dalam kegiatan ini seluruh pimpinan di Fakultas Syariah UIN KHAS Jember, Wakil Dekan I Dr. Busriyanti, Wakil Dekan II Dr. Martoyo, Wakil Dekan III Dr. Ahmadiono, Kooprodi Hukum Tata Negara Sholikhul Hadi, MH., Koorprodi Hukum Keluarga Inayatul Anisah, M. Hum, Kooprodi Hukum Ekonomi Syariah Fredy Hidayat, MH., serta para dosen di lingkungan Fakultas Syariah UIN KHAS Jember.

Kontributor: Fasya Media

Editor: Munirotun Naimah 

;