info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Edisi Kedua Jurnal IJIB UIN KHAS Jember Angkat Isu Studi Manajemen Pesantren1

Home >Berita >Edisi Kedua Jurnal IJIB UIN KHAS Jember Angkat Isu Studi Manajemen Pesantren1
Diposting : Senin, 24 Jul 2023, 13:50:25 | Dilihat : 591 kali
Edisi Kedua Jurnal IJIB UIN KHAS Jember Angkat Isu Studi Manajemen Pesantren1


Humas – Jurnal Internasional atau International Journal of Islamic Boarding School (IJIBS) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember kembali menerbitkan naskah keduanya usai diluncurkan pada Januari 2023 lalu. Edisi kedua pada Jurnal internasional berlegalitas e-ISSN dan p-ISSN ini, mengangkat isu seputar studi manajemen pesantren. 

Vice Editor in Chief atau Wakil Pimpinan Redaksi IJIB UIN KHAS Jember, Dr. Shoni Rahamtullah Amrozi mengatakan, edisi kedua ini memuat makalah berkualitas tinggi. Hal ini dapat dibaca melalui aspek perkembangan teoritis dan domain praktis yang disematkan, dan didalami. 

“Pada aspek teroritis dan domain praktis, menjadi corak yang khas pada terbitan ini. Tentu yang berkaitan dengan fokus dan ruang lingkup isu yang ditetapkan,” Jelas Dr. Shoni yang kini juga aktif menjabat sebagai Kepala Pusat Studi Pesantren UIN KHAS Jember itu.

Adapun fokus dan ruang lingkup terbitan kedua ini meliputi, Kualitas Manajemen Pesantren, Manajemen Pesantren, Nilai dan Tradisi Pesantren, Kepemimpinan dalam Pesantren, Kajian Naskah Pesantren, Lembaga Pendidikan Pesantren, Epistemologi Pesantren, Kajian Metodologi Pesantren, Kerangka Teori Kajian Pesantren, dan Genealogi Keilmuan Pesantren.

Karya tulis ini berasal dari beberapa kampus dalam negeri dan luar negeri. Yakni dari, State Islamic University kiai Haji Achmad Shiddiq Jember, Sultan Hasanal Balkiah Institute of Education Universiti Brunai Darussalam, Al Azhar University Egypt, Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan Sumenep, STKIP PGRI Sumenep Indonesia, Shifa Tameer e Millat University Islamabad Pakistan, The University Of Khartoum (UofK) Sudan, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Academy of Islamic Studies University Of Malaya Malaysia, STKIP Muhammadiyah Manokrawi Indonesia. 

Mengingat IJIB UIN KHAS Jember belum terindeks layanan database Scopus, Dr. Shoni menambahkan, pihaknya akan mengupayakan berkas pendaftaran mulai tahun mendatang, atau persis setelah dinyatakan aktif dua tahun dari awal didirikan. 

“Tahun depan (2024), IJIBS akan didaftarkan akreditasi jurnal bereputasi scopus,” pungkas Dr. Shoni.

;