info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Dewas Mereview Rencana Bisnis Anggaran, Rektor Optimis Tingkatkan Mutu UIN KHAS Jember Melalui Sektor BLU

Home >Berita >Dewas Mereview Rencana Bisnis Anggaran, Rektor Optimis Tingkatkan Mutu UIN KHAS Jember Melalui Sektor BLU
Diposting : Rabu, 13 Dec 2023, 18:07:05 | Dilihat : 372 kali
Dewas Mereview Rencana Bisnis Anggaran, Rektor Optimis Tingkatkan Mutu UIN KHAS Jember Melalui Sektor BLU


Humas - Badan Layanan Umum (BLU) Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember terus ditingkatkan pada level pelayanan yang berdaya saing, agar menunjang pendapatan dan mutu universitas.

Sebagaimana pantauan Jurnalis Humas pada kegiatan Review Rencana Bisnis Anggaran oleh Dewan Pengawas (Dewas) BLU UIN KHAS Jember, di Lantai 2 Gedung Kuliah Terpadu. Rabu, 13 Desember 2023, tadi.

Kegiatan yang dibuka oleh Prof. Dr. Hepni, selaku Rektor UIN KHAS Jember itu, dihadiri Ketua Dewas UIN KHAS Jember, Drs. H. Akhmad Lutfi, dan Biworo Hariwidjaja secara daring.

Menurut Prof. Hepni, pengembangan BLU UIN KHAS Jember idealnya harus berkelanjutan (sustainable). Terlebih dalam konteks koordinasi dan konsolidasi, mengulas apa saja yang perlu dikembangkan, dan dipertahankan.

Imbuh Prof. Hepni, pusat pengembangan ekonomi dan bisnis tersebut, sekaligus juga sebagai jantung kampus. Peran BLU bagi kemajuan kampus sangat krusial. Bahkan, hidup dan matinya pun sangat bergantung pada pergerakan BLU itu sendiri.

“Kalau inputnya semakin melemah maka tentu seluruh aktifitas dan kehidupan lembaga kita ini juga semakin melemah. Sehingga kita harus terus mempertahankan ritme ini pada titik normal,” paparnya.

Sehingga, imbuh rektor yang saat itu didampingi Dr. Ainur Rafik selaku Wakil Rektor 2, dan Kepala Biro AUPK UIN KHAS Jember Dr. Nawawi, kata Prof. Hepni melanjutkan, perlu kerja tim yang solid dan bersungguh-sungguh, agar peningkatan kesehatan BLU semakin signifikan. 

"Kita perlu menjadwalkan rapat koordinasi perbulan, khusus untuk membahas BLU ini," tuturnya.

Prof. Hepni berharap, pertemuan dengan Dewas tersebut, mampu mengoptimalkan pengelolaan BLU di UIN KHAS Jember, baik melalui saran atau masukan yang strategis, hingga terapi khusus oleh para ahli tersebut.

Sementara itu, Ketua Dewas UIN KHAS Jember, Drs. Lutfi menyampaikan, sebagai pengelola BLU, hendaknya realistis dalam mengkalkulasi target bisnis ke depan. Meski begitu, dia juga mengapresiasi capaian BLU UIN KHAS Jember dalam waktu dekat ini.

Drs. Lutfi berharap, UIN KHAS Jember bisa segera mewujudkan remunerasi, berpedoman pada rencana strategis, serta rencana jangka panjang dan menengah yang telah dirancang.

Biworo Hariwidjaja menambahkan, sosialisasi dan promosi perguruan tinggi mesti lebih matang dan optimal pada tahun berikutnya. Agar calon mahasiswa baru, semakin tertarik dan berminat.

Untuk diketahui, tugas pokok dan fungsi Ketua Dewas salah satunya, wajib memberikan saran kepada lembaga UIN KHAS Jember, perihal Rencana Bisnis dan Anggaran yang diusulkan oleh Pejabat Pengelola BLU. Tak hanya itu, Dewas juga wajib memberikan masukan, tanggapan atas laporan keuangan dan laporan kinerja BLU.

Seperti saat kegiatan itu berlangsung, beberapa pejabat melaporkan beberapa hal, meliputi, Penyampaian Capaian Kerja tahun 2023 serta Rencana Kerja tahun 2024, hingga Penyampaian Draf Rencana Bisnis dan Anggaran (RBA) tahun 2025,  dan Terakhir Penyampaian progress bisnis.

Kewajiban tersebut, didasarkan pada persetujuan Dewas setelah mengangkat dan menetapkan pejabat Satuan Pengawas Internal (SPI) UIN KHAS Jember. Yakni, Dr. Retna Anggitaningsih sebagai Kepala SPI.

Informasi lainnya, Kepala Unit, Ketua Lembaga, Tim Perencanaan, Tim Keuangan dan Tim Pusat Pengembangan Bisnis (P2B) UIN KHAS Jember, hingga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), serta Penyedia dan Panitia Lelang juga turut hadir pada kegiatan itu.

 

Penulis: Munirotun Naimah
Editor: Moh Nor Afandi

;