info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Deteksi Kanker Serviks dan Payudara; DWP UIN KHAS Jember Gelar Tes IVA dan SADANIS Gratis

Home >Berita >Deteksi Kanker Serviks dan Payudara; DWP UIN KHAS Jember Gelar Tes IVA dan SADANIS Gratis
Diposting : Rabu, 11 Aug 2022, 08:30:54 | Dilihat : 430 kali
Deteksi Kanker Serviks dan Payudara; DWP UIN KHAS Jember Gelar Tes IVA dan SADANIS Gratis


Humas – Bekerjasama dengan Klinik Pratama Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember dan Dinas Kesehatan Jember yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Puskesmas Mangli, Dharma Wanita Persatuan UIN KHAS Jember menyelenggarakan Tes IVA dan SADANIS Gratis.

Pemeriksaan kesehatan ini digelar serentak, dan diakomodir oleh Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kemenag RI se Indonesia pada Rabu, 10 Agustus 2022.

Sebagaimana disampaikan Hj. Eny Yaqut Qholil Qoumas, Penasehat DWP Kemenag RI menyampaikan bahwa Tes IVA dan Sadanis digelar serentak pada 10 Agustus 2022 di 34 Kanwil Kemenag provinsi serta sejumlah Kankemenag kabupaten/kota dan Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN). 

Deteksi dini kanker serviks dan payudara ini penting dilakukan mengingat tingginya kasus kanker yang menyerang wanita di Indonesia. Beberapa cara dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks, salah satunya dengan tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat). Tes ini sebagai skrining awal untuk mendeteksi gejala-gejala kanker serviks serta cara mencegah terjadinya komplikasi. Sedangkan tes SADANIS (Pemeriksaan Payudara Klinis) untuk menghindari kemungkinan terjangkitnya penyakit kanker payudara dan tes ini dilakukan oleh tenaga kesehatan yang terlatih.

Tes IVA dan SADANIS bertempat di Klinik Pratama UIN KHAS Jember diikuti oleh 76 Peserta baik dari pengurus, anggota dan ibu-ibu DTNP yang dibagi menjadi tiga tahap selama tiga hari. Hari pertama 23 orang dilakukan di Klinik Pratama UIN KHAS, tahap kedua dan ketiga dilakukan di Puskesmas Mangli.

Kegiatan cara Zoom Meeting dilaksanakan di Aula Perpustakaan UIN KHAS Jember. Dengan seksama, peserta Zoom menyimak sambutan ketua DWP Kemenag RI, Penasehat DWP Kemenkes RI, Menteri Agama RI, dan Penasehat DWP Kemenag RI. sekaligus memberikan arahan dan membuka acara.

Di tempat yang berbeda, Ketua DWP UIN KHAS Jember melalui via WhatsApp menyampaikan apresiasinya kepada semua pihak yang telah terlibat dalam pelaksanaan Tes IVA dan SADANIS.

“Disampaikan terima kasih atas dukungan dan partisipasi dari semua pihak mulai fakultas, unit dan lembaga yang telah memberikan bantuan secara finansial maupun spirit termasuk sponsorship BSI yang selalu hadir dalam mensukseskan kegiatan rutin DWP UIN KHAS, terima kasih tim klinik pratama UIN KHAS, Dinas Kesehatan, Puskesmas Mangli, yang sudah memberikan bantuan tenaganya dalam pelaksanaan test IVA SADANIS secara gratis,” ujarnya.

“Alhamdulillah program tes IVA mendapat respon positif dari peserta DWP UIN KHAS Jember. Dengan harapan setelah mengikuti tes ini bisa diketahui kesehatan masing-masing. Semoga ibu-ibu sehat jasmani dan rohani,” tambahnya.  

Kegiatan ini dimeriahkan juga dengan adanya Bazar oleh ibu-ibu DWP UIN KHAS. Sekitar 7 pos bazar berupa snack, minuman, jamu, bumbu-bumbu, rujak buah, salad, pakaian, hijab, peralatan rumah tangga dan lainnya. (Humas/mn)

;