info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

Apresiasi Gelaran SSE UM PTKIN Inovatif, Gus Yaqut: PTKIN Bukan Lagi Pilihan Alternatif Tapi Utama

Home >Berita >Apresiasi Gelaran SSE UM PTKIN Inovatif, Gus Yaqut: PTKIN Bukan Lagi Pilihan Alternatif Tapi Utama
Apresiasi Gelaran SSE UM PTKIN Inovatif, Gus Yaqut: PTKIN Bukan Lagi Pilihan Alternatif Tapi Utama


Humas - Inovasi dan perubahan dalam hal tata kelola penjaringan calon mahasiswa pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) dari waktu ke waktu cukup banyak mengalami peningkatan dan patut di apresiasi.

Hal itu disampaikan Menteri Agama H. Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya saat tengah membuka kegiatan Ujian Masuk  (UM-PTKIN) secara serentak di Indonesia, salah satunya di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember. Selasa, 14 Juni 2022.

Rencananya, ujian yang diselenggarakan dengan Sistem Seleksi Elektronik (SSE) ini digelar sampai 17 Juni mendatang. Menteri Agama atau yang kerap dipanggil Gus Yaqut ini berharap, pagelaran UM PTKIN tahun depan lebih ditingkatkan. Selain dituntut perubahan teknologi informasi yang semakin pesat, Gus Yaqut berpesan harusnya juga seiring dengan kemampuan pelayanan yang maksimal.

Gus Yaqut menambahkan, PTKIN kekinian semakin menjadi favorit bagi setiap lulusan, tak terkecuali bagi santri dengan latar belakang pendidikan Pesantren. Karena itu, lulusan MA, SMK, SMA, sederajat lainnya musti 100 persen atau minimal 80 persen memilih PTKIN sebagai pilihan utama bukan sebagai alternatif.

“Semoga diberikan jalan yang mudah bagi santri atau lulusan SMA dan SMK sederat lainnya dalam mengikuti ujian SSE ini,” tutup Gus Yaqut mendoakan.

Senada dengan Gus Yaqut, Ketua Forum Rektor PTKIN Prof. Dr. H. Mahmud membenarkan, bahwa setiap tahunnya memang kerap terdapat perubahan dan inovasi oleh segenap panitia penyelenggara. “Tim IT nya handal dan luar biasa,” terangnya.

Sementara itu, berdasarkan laporan ketua panitia SPAN UM PTKIN Prof. Dr. Imam Taufiq menerangkan, setidaknya terdapat 142.716 Peserta Ujian SSE se Indonesia, dan 2.778 di antaranya merupakan peserta asal Jember yang tempat ujiannya di Kampus UIN KHAS Jember.

Sebagaimana sebutannya, SSE ini dilaksanakan secara daring dan dapat dilakukan dari rumah masing-masing peserta. Meski tidak secara tatap muka, ujian ini malah justru lebih ketat karena diawasi oleh petugas yang terdiri dari pengawas lokal dan pusat dengan bekal pengetahuan tekhnologi informasi termutakhir.

“Desain aplikasinya bagus, setiap soal berdurasi serta dilengkapi pengawas record audio yang bisa dimanfaatkan pengawas untuk menegur peserta jika melakukan pelanggaran,” pungkas Prof. Imam Taufiq

Sebagai tambahan informasi, dari total ribuan peserta pelaksanaan ujian SSE, setiap harinya menyelesaikan tiga sesi dari keseluruhan 10 sesi. Kemudian, dikelompokan dalam 15 ruang yang terdiri dari 20 peserta. (humas)

Berita Terbaru

Hadiri Pelepasan KKN UIN KHAS, Bupati Lumajang: Mahasiswa Harus Berikan Inspirasi dan Inovasi
01 Jul 2022By humas
Selamat, 63.717 Peserta se Indonesia Dinyatakan Lulus Seleksi UM-PTKIN 2022
30 Jun 2022By humas
UIN KHAS Jember Terjunkan Mahasiswa KKN Hingga Ke Pulau Dewata Bali
29 Jun 2022By humas

Agenda

Informasi Terbaru

PENGUMUMAN WISUDA PERIODE III TAHUN 2022
01 Jul 2022By akademik
PEMBERITAHUAN PENGUNDURAN PENGUMUMAN DAFTAR NAMA CALON WISUDAWAN
30 Jun 2022By akademik
PENGUMUMAN VERIFIKASI ONLINE DAN DAFTAR ULANG JALUR UM-PTKIN 2022
30 Jun 2022By akademik

Lowongan

;