info@uinkhas.ac.id (0331) 487550

4641 Peserta Tes CPNS Kemenag ikuti SKD di Tilok Balai Serba Guna Jember

Home >Berita >4641 Peserta Tes CPNS Kemenag ikuti SKD di Tilok Balai Serba Guna Jember
Diposting : Minggu, 20 Oct 2024, 19:18:27 | Dilihat : 152 kali
4641 Peserta Tes CPNS Kemenag ikuti SKD di Tilok Balai Serba Guna Jember


Humas - Sebanyak 4641 Peserta mengikuti Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), khususnya, Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN), Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Jawa Timur pada Minggu, 20 Oktober 2024, di Balai Serba Guna Kaliwates Jember. 

SKD CPNS khusus Kemenag wilayah Jawa Timur akan serentak dilaksanakan selama empat hari, yakni 20 hingga 24 Oktober 2024. Peserta terdiri dari Kanwil Kemenag Jatim dan tujuh PTKIN, termasuk Pendaftar CPNS Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. 

"Peserta SKD khusus Kementerian Agama ada sekitar tujuh PTKIN, dari satu Kanwil yaitu Jawa Timur. Jadi ada sekitar delapan Satuan Kerja (Satker)" Keterangan Ali Maqfur, Ketua SDMA dan Kepegawaian. 

Terdata 750 Peserta menjadi peserta pendaftar CPNS UIN KHAS Jember, yang mengisi 45 formasi yang disediakan UIN KHAS Jember, sebagian diantaranya gugur dan sebagian dinyatakan lolos seleksi pemberkasan. "Dari UIN KHAS ada 45 formasi, dari 45 formasi tersebut ada sebanyak 750 pendaftar," Kata Ali Maqfur.

Secara khusus, Ali Maqfur, Panitia perwakilan Jawa Timur sekaligus UIN KHAS yang berada di Jember berharap kegiatan ini berjalan maksimal. Juga kelancaran peserta dalam mengerjakan tes yang dilaksanakan dengan komputerisasi tersebut. 

"Semoga maksimal, Peserta dapat mengerjakan SKD CPNS dengan baik, lolos SKD sehingga lanjut ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB)" harapnya. 

Sebagai informasi, Peserta tes CPNS 2024 Kementerian Agama harus mampu lolos SKD dengan memenuhi passing grade atau nilai ambang batas yang telah ditentukan yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dengan nilai 65, Tes Intelegensia Umum (TIU) 80, dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) 166.

Selanjutnya bagi pelamar yang lolos SKD tersebut akan melaju ke tahap tes selanjutnya yakni SKB berbasis CAT BKN dengan bobot 50% dan tes tambahan berupa Praktik dan Sikap Kerja Berperspektif Moderasi Beragama dengan bobot 40% dan Wawancara Wawasan Moderasi Beragama dengan bobot 10%.

Penetapan kelulusan akhir akan ditentukan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) berdasarkan integrasi nilai SKD yang memiliki bobot 40% dan SKB yang memiliki bobot 60%, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

 

Penulis : Shirly

Editor: Cahya Fikri M. 

 

;